Lihat ke Halaman Asli

Ied Mubarak di Kampung Cempa Gayo Lues

Diperbarui: 24 Mei 2020   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Blangkejeren, Kompasiana.com - Masyarakat Kampung Cempa Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh laksanakan shalat Idul Fitri 1441 H di Masjid Al Huda setempat. Yang bertindak sebagai Imam adalah Ustadz Hardansah, SHi anggota Satpol PP dan WH Kabupaten Gayo Lues sedangkan yang menjadi Khatib adalah Ustadz Rudiman salah seorang anggota MPU Gayo Lues. 

Dalam Ceramah singkatnya khatib menjelaskan bahwa dengan situasional saat sekarang ini kita harus lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan meningkatkan kualitas Ibadah dan disamping itu juga khatib juga mengingatkan agar mengindahkan protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

Di samping itu Rudiman juga menyerukan kepada para jamaah agar tidak melakukan perbuatan yang menyerupai para Yahudi seperti ritual-ritual yang tidak mempunyai dasar hukum yang jelas dan tidak berdasarkan dari Al-Qur'an maupun hadits. 

dok. pribadi

Dari pengamatan kita bersama bahwa pelaksanaan ibadah tarawih di akhir-akhir ramadhan kita sering dikejutkan dengan dentuman dan letusan mercon yang merupakan gambaran budaya Yahudi sehingga dengan dentuman dan letusan tersebut sering mengganggu kekhusyukan jamaah shalat baik shalat isya maupun tarawih, semua ini merupakan kelemahan kita dalam melakukan pengawasan terhadap anak-anak kita.

Seiring dengan momentum hari yang baik ini dimana kita sudah melewati satu bulan latihan mengendalikan hawa nafsu serta anjuran memperbanyak amalan-amalan ibadah lainnya. Tentunya harus menghasilkan nilai lebih dan positif dimasa yang akan datang. Sehingga kita akan tergolong kepada kaum orang-orang yang beruntung.

dok. pribadi

Dan dipenghujung khutbahnya Ustadz Rudiman menyarankan kepada para jamaah dimomen terbaik ini juga kita harus membuka hati kita selebar-lebarnya untuk meminta dan memberi maaf kepada kaum muslimin dan muslimat sehingga kita akan meraih fitrah yang hakiki. Insya Allah.

Rabudin Ramli konstributor Gayo Lues




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline