Lihat ke Halaman Asli

GawaiKita

Service Laptop Kota Bandung

Kenali Tipe-Tipe Printer Sebelum Membeli

Diperbarui: 19 Juni 2021   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Printer merupakan salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan oleh para pengguna laptop, karena dapat membantu mencetak dokumen digital menjadi fisik mulai dari teks hingga grafis. Saat ini teknologi printer pun semakin berkembang mengikuti perkembangan dan kebutuhan para pengguna dengan fungsi yang berbeda-beda. Namun masih banyak yang melakukan kesalahan maupun kebingungan dalam memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan apalagi untuk kebutuhan kantoran ringan atau tugas dirumah. Berikut merupakan tips dari Gawai Kita untuk mengenali tipe -- tipe printer sebelum membeli nya.

  1. Printer Inkjet

Printer Inkjet merupakan jenis printer yang biasa Sahabat Gawai jumpai. Printer ini sangat cocok untuk digunakan sehari-hari karena pengoperasiannya yang mudah. Kelebihan printer ini terdapat pada kualitas grafis yang baik, jadi sangat cocok jika digunakan untuk kebutuhan printing multimedia serta pada beberapa seri printer ini dilengkapi dengan sistem scanning. Sehingga Sahabat Gawai dapat melakukan scan dan print dalam satu perangkat. Kekurangan dari printer ini terdapat pada catridgenya yang agak boros dan harganya yang lumayan mahal.

  1. Printer Laserjet

Printer laserjet merupakan jenis printer kedua yang dapat dijadikan pilihan untuk penggunaan print harian. Printer ini menggunakan teknologi laser jet, yang memiliki proses cetak lebih cepat dibandingkan dengan printer inkjet. Kelebihan printer ini adalah harga tinta yang lebih murah, namun dengan harga perangkat printer yang lebih mahal. Sama seperti Inkjet, dalam beberapa merek dan seri printer ini juga dilengkapi dengan sistem scanning. Printer ini cocok digunakan untuk Sahabat Gawai yang ingin mencetak banyak dokumen kerja atau tugas. 

  1. Printer LED/LCD

Printer LED/LCD memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan printer laser, namun ia memiliki perbedaan pada teknologi yang menggunakan light-emitting diode sebagai sumber pembuatan polanya. Kelebihan dari printer ini dapat menghasilkan kualitas cetak yang bagus untuk teks maupun gambar. Kekurangannya adalah printer ini mudah rusak jika tidak digunakan dalam waktu yang lama dan penyimpanan yang tidak benar, selain itu harganya pun lebih mahal dibandingkan dengan harga printer diatas. 

  1. Printer Solid Ink

Printer solid ink menggunakan tinta yang sudah dililinkan. Cara kerjanya sendiri adalah dengan melelehkan tinta kemudian ditampung dalam sebuah tempat dan selanjutnya dipindahkan ke sejenis drum dan akan mendinginkan tinta tersebut sebelum mencetak ke media kertas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline