Lihat ke Halaman Asli

GawaiKita

Service Laptop Kota Bandung

Cara Mencegah Ransomware

Diperbarui: 7 Juni 2021   12:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Hallo Sahabat Gawai, jika sebelumnya kita membahas tentang apa itu Ransomware, kali ini kami akan membahas cara pencegahan Ransomware agar sahabat gawai bisa meningkatkan pertahanan untuk komputer Sahabat Gawai dari segala jenis infeksi dan serangan virus. Berikut adalah beberapa langkah untuk pencegahannya :

  1. Backup data

Hal pertama dan yang paling penting untuk dilindungi adalah data. Karena jika hacker menyerang menggunakan ransomware, hal yang pertama mereka lakukan adalah mengakses dan mengambil data-data yang nantinya akan dipakai untuk memeras korbannya dan meminta tebusan uang. Maka dari itu, kita harus berhati-hati dari serangan ransomware ini dengan mem-backup data. Disarankan Sahabat gawai membiasakan melakukan backup data setelah melakukan sesuatu dan cadangkan data di drive, cloud, dropbox dan perangkat lainnya. 

  1. Update OS dan aplikasi secara otomatis

Update pada sebuah program yang terpasang di komputer atau laptop menjadi hal yang sangat penting dalam upaya pencegahan dari serangan ransomware. Biasanya malware sering menyerang aplikasi atau program seperti Chrome, Firefox, Opera, Internet Explore, Adobe Flash Player, Java, dan freeware popular seperti download manager dan sejenisnya. Maka dari itu, selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi yang terpasang di komputer atau laptop sahabat gawai.

  1. Install perangkat lunak antivirus

Perlu untuk menginstall aplikasi antivirus yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi ransomware yang tidak tergantung pada update sistem operasi. 

  1. Hati-hati saat mendownload

Ini merupakan point penting, agar Sahabat Gawai terhindar dari serangan ransomware. Selalu berhati-hati saat menggunakan internet, mulai dari membuka website, email, ataupun mengunduh sesuatu. Jadi jangan sembarangan mengunduh berupa gambar, file, lampiran yang tidak jelas dan tidak Sahabat Gawai ketahui keamanannya. Apalagi jika diminta untuk memberi hak administratif pada saat mengunduh perangkat lunak, sebaiknya dihindari jika tidak paham apa fungsinya.  

  1. Jangan klik sembarang email

Pada saat mengakses internet pasti sahabat gawai sering melihat iklan atau pop up yang meminta untuk "klik", melalui website atau email. Sebaiknya hal itu dihindari, jangan asal klik email yang tercantum link yang tidak dikenal siapa pengirimnya atau link yang Sahabat Gawai tidak tahu, karena bisa saja itu adalah hacker yang ingin menyerang dan meminta tebusan sejumlah uang.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline