Lihat ke Halaman Asli

GawaiKita

Service Laptop Kota Bandung

Penting! Begini Cara Merawat HDD Eksternal yang Benar

Diperbarui: 3 Juni 2021   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Saat ini HDD atau harddisk eksternal menjadi kebutuhan hampir seluruh pengguna laptop, karena dapat mempermudah dalam membawa dan memindahkan data. Selain itu fungsi dari HDD eksternal juga untuk menyimpan file file besar sehingga dapat meringankan kinerja pada laptop. Namun harddisk eksternal memiliki kekurangan yakni rentan rusak, agar tidak cepat rusak Sahabat Gawai dapat mengikuti tips cara merawat HDD eksternal yang benar berikut ini :

  1. Cabut Harddisk dengan cara yang benar

Pertama, Selalu lepas hardisk dalam mode "Safe Remove Hardware". Kebanyakan orang sering lupa untuk mencabut harddisk eksternal dengan benar, biasanya jika sudah digunakan kita pasti langsung mencabutnya. Padahal cara tersebut merupakan cara yang salah. Sebelum mencabut harddisk dari laptop atau komputer, Sahabat Gawai perlu mengaktifkan mode "Safe Remove Hardware". Fungsi dari mode ini adalah untuk memastikan bahwa seluruh data yang tersimpan pada cache memory sudah terhapus dengan benar, sehingga tidak akan merusak data yang ada pada harddisk. Hal sepele yang sering dilupakan ini juga, dapat berakibat pada rusaknya Master Boot Record hingga mengharuskanmu melakukan format ulang pada hardisk.

Kedua, cabutlah kabel harddisk dengan benar, jangan terlalu sering mencabut pasang kabel harddisk pada laptop. Hal tersebut akan mengakibatkan kepala konektor menjadi tipis dan membuat pasokan listrik dan arus data terganggu serta merusak kontroler. Untuk mencabutnya juga Sahabat Gawai harus berhati hati, peganglah kepala konektor USB nya bukan kabelnya. Karena jika langsung menarik kabel akan membuat cepat rusaknya outlet dan kabel usb itu sendiri.

  1. Jauhkan dari cairan dan benda bermagnet

Hindarkan harddisk eksternal dari benda cair dan magnetik. Cipratan air atau benda cair lainnya dapat mengakibatkan konslet di dalam bagian harddisk. Sementara itu benda magnetik dapat mempengaruhi sistem kerja dari harddisk karena komponen mekanik di dalamnya terbuat dari logam, jika terlalu lama terpapar magnet maka lama kelamaan perangkat di dalam harddisk akan mengalami kerusakan.

  1. Jangan sampai terbentur atau jatuh

Meskipun terbuat dari logam, ternyata Harddisk merupakan perangkat yang paling rentan rusak jika terkena benturan atau jatuh ke permukaan keras. Seluruh komponen di dalam harddisk merupakan komponen yang sangat sensitif dan rentan terhadap guncangan sekecil apapun. Untuk menjaganya agar tetap stabil, Sahabat Gawai dapat menempatkan harddisk di tempat yang aman dan menggunakan pelindung pouch empuk.

  1. Berikan sirkulasi udara yang baik pada hardisk

Pada saat digunakan, sebaiknya simpan harrdisk pada permukaan yang tidak menyimpan panas atau sirkulasi yang baik agar temperaturnya terjaga. Hindari meletakkan harddisk pada permukaan kain seperti kasur, bantal atau karpet. Hal tersebut akan membuat temperatur harddisk menjadi tidak stabil dan menyebabkan komponen didalamnya rusak. 

  1. Gunakan Kabel Y

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline