Lihat ke Halaman Asli

Gavin Rudi Adhytian

Berusaha menulis

Sehat Keluargaku, Berawal dari Sehat Makananku! Seru KKN Undip pada Kelompok Dawis Mangga di Desa Korowelanganyar

Diperbarui: 12 Januari 2022   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi: Sosialisasi Hygine Sanitasi Makanan pada Kelompok Dawis Mangga RT 4 RW 1 Desa Korowelanganyar

Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang biasanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Dalam keluarga, makanan merupakan hal penting pokok dan mendasar yang menjadi kebutuhan hidup manusia. Sebagai salah satu kebutuhan pokok, makanan memiliki berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam penangannya.

Dalam urusan makanan, sebagian besar keluarga lebih dominan oleh peran ibu dalam mengurus makanan. Namun tidak menutup kemungkinan, urusan makanan dalam keluarga juga dipegang oleh anggota keluarga lainnya misalnya ayah, nenek, dan kakak.

Untuk itu, dengan melakukan sosialisasi terkait hygiene sanitasi makanan dalam keluarga pada ibu-ibu merupakan salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan seputar hal penyehatan makanan. Secara sederhana, hygiene sanitasi dapat diartikan sebagai upaya meningkatkan kebersihan dan kesehatan melalui oleh individu dan faktor lingkungannya agar terhindar dari ancaman penyebab penyakit.

Sosialisasi Hygiene Sanitasi Makanan Keluarga dilakukan pada kelompok Ibu yang ada di RT 4 RW 1 Desa Korowelanganyar Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Untuk mendukung pelaksanaan program Sosialisasi Hygiene Sanitasi Makanan Keluarga, para ibu diberikan brosur terkait hal tersebut.

Meskipun selebaran brosur yang dibagikan tidak semua ibu dapat membaca karena beberapa faktor, namun ibu-ibu tersebut masih menyimak pemaparan materi yang disampaikan dengan baik.

Dokumentasi pribadi: Ibu-ibu Dawis terlihat menyimak sosialisasi dengan baik

Penyampaian materi berlangsung tidak formal yakni dengan bercerita dan saling bertukar informasi terutama dari pengalaman yang sudah dilakukan para ibu dalam mengolah makanan. Beberapa hal disampaikan terkait dengan hygiene sanitasi makanan untuk keluarga diantaranya terkait dengan aspek pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pemgolahan makanan, pengangkutan makanan, penyimpanan makanan, dan penyajian makanan.

Dokumentasi pribadi: Penyampaian materi terkait Hygiene sanitasi makanan untuk keluarga

Diawali dengan menyampaikan beberapa hal tentang hygiene sanitasi makanan untuk keluarga yang diselingi dengan pertanyan yang dilempar dari ibu-ibu menanggapai hal yang disampaikan. Hal lain yang disampaikan diantaranya terkait ancaman masalah kesehatan akibat makanan misalnya kontaminasi dan keracunan makanan.

Dokumentasi pribadi: Sesi tanya jawab dan diskusi yang berlangsung ramai

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline