Lihat ke Halaman Asli

Gatot Tri

TERVERIFIKASI

Swasta

Next Gen ATP Finals 2023: Arthur Fils VS Hamad Medjedovic di Babak Final

Diperbarui: 2 Desember 2023   13:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Arthur Fils (kiri) akan bertemu dengan Hamad Medjedovic di babak final Next Gen ATP Finals 2023 Jeddah. (sumber foto: Next Gen ATP Finals / ATP Tour)

Turnamen tenis khusus U-21 Next Gen ATP Finals 2023 Jeddah sudah menjelang puncaknya. Jumat (1/12/2023) malam lalu, dua pertandingan babak semifinal selesai digelar dimana dua petenis sukses melaju ke babak final.

Unggulan teratas Arthur Fils (Prancis) memastikan diri maju ke final setelah menang atas rekan senegaranya Luca Van Assche dengan skor 2-4, 4-1, 4-3(7-1), 4-3(8-6). Kedua petenis tampil fantastis, khususnya Fils yang memang lebih layak memenangkan pertandingan.

Sementara itu, unggulan keenam Hamad Medjedovic (Serbia) unggul atas Dominic Stricker (Swiss) dengan skor 4-3(7-5), 2-1 (ret.). Stricker menyatakan mundur ketika pertandingan sudah berjalan 32 menit.

Kabar dari ESPN, Stricker mengalami cedera punggung. Sayang sekali, padahal penampilan kedua petenis sangat menarik dan mereka bertanding cukup sengit di set pertama.

Satu hal yang sempat membuat kita bertanya-tanya adalah unggulan pertama Fils dan unggulan kedua Van Assche yang saling bertemu di babak semifinal. Biasanya kedua petenis unggulan teratas saling bertemu di babak final.

Hal ini karena turnamen tersebut menerapkan format round robin, dimana Van Assche yang merupakan runner-up Grup Merah harus berhadapan dengan juara Grup Hijau yaitu Fils. Apabila Van Assche menjadi juara Grup Merah, ada kemungkinan ia akan bertemu dengan Fils di babak final.

Babak final Next Gen ATP Finals 2023 akan digelar Sabtu (2/12/2023) malam pukul 08.00 waktu Jeddah atau Minggu (3/12/2023) jam 00.00 WIB. Pertandingan digelar di arena lapangan keras indoor di kompleks olahraga King Abdullah Sports City.

Siapa yang bakal menjadi juara, Arthur Fils atau Hamad Medjedovic?

Babak final Next Gen ATP Finals 2023 mempertemukan unggulan teratas Arthur Fils dan unggulan keenam Hamad Medjedovic. Bisa dibilang babak final kali ini adalah babak final ideal karena sebelumnya di fase penyisihan grup, kedua petenis tersebut sama-sama mencatat skor sempurna yaitu 3-0.

Artinya dari tiga pertandingan di fase penyisihan grup tersebut, masing-masing petenis belum pernah mengalami kekalahan dari lawan-lawan mereka. Ditambah kemenangan di babak semifinal, maka masing-masing petenis memiliki catatan menang-kalah yang sama yaitu 4-0.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline