Lihat ke Halaman Asli

Gatot Tri

TERVERIFIKASI

Swasta

Next Gen ATP Finals 2023: Abedallah Shelbayh Petik Kemenangan Perdana

Diperbarui: 30 November 2023   17:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu aksi Abedallah Shelbayh di sebuah turnamen. (sumber foto: Arab News)

Petenis berbakat Yordania Abedallah Shelbayh atau Abdullah Shelbayh memetik kemenangan perdana di turnamen Next Generation ATP Finals 2023 atau Next Gen ATP Finals 2023 yang diadakan di Jeddah, Saudi Arabia. Di pertandingan Grup Merah yang berlangsung Rabu (29/11/2023) malam lalu, unggulan kedelapan tersebut menang atas unggulan keempat Alex Michelsen (Amerika Serikat/AS) dengan skor 4-2, 1-4, 4-0, 4-0 dalam waktu 67 menit.

Kedua petenis tersebut untuk pertama kalinya saling bertemu. Baik Shelbayh dan Michelsen punya gaya permainan yang mirip dengan senjata servis keras dan forehand-nya yang mantap. Bedanya, Shelbayh adalah petenis kidal.

Kedua petenis sama-sama tampil apik. Mungkin karena turnamen berlangsung di Jazirah Arab, Shelbayh mendapatkan lebih banyak dukungan dari fans tenis Arab. Ia memastikan kemenangan setelah voli Michelsen yang ragu terlalu melebar ke luar bidang permainan.

Petenis 20 tahun kelahiran Amman itu kini berada di posisi ketiga Grup Merah dengan skor W-L (menang-kalah) 1-1. Di pertandingan sebelumnya di hari Selasa (28/11/2023), Shelbayh kalah dari unggulan kedua Luca Van Assche (Prancis) dalam pertandingan empat set selama hampir dua jam.

Ia masih punya peluang maju ke babak semifinal. Syaratnya ia harus memenangkan pertandingan terakhir di babak penyisihan grup melawan unggulan keenam Hamad Medjedovic (Serbia) yang dijadwalkan Kamis (30/11/2023) malam.

Medjedovic sendiri sudah memetik kemenangan kedua. Dalam pertandingan kedua di Rabu malam, petenis 20 tahun itu menang atas Van Assche dengan skor 4-2, 2-4, 4-3(9-7), 4-1 dalam waktu satu jam 48 menit. Kemenangan Medjedovic tersebut membuatnya untuk sementara memimpin Grup Merah dengan skor W-L 2-0.

Dua pertandingan kedua Grup Hijau juga telah digelar. Unggulan teratas Arthur Fils (Prancis) menang atas petenis Italia lainnya Flavio Cobolli dengan straight set pula 4-1, 4-2, 4-2. Kemenangan kedua Fils membuatnya untuk sementara memimpin Grup Hijau dengan skor W-L 2-0.

Unggulan ketiga Dominic Stricker (Swiss) juga menang atas unggulan ketujuh Luca Nardi (Italia) straight set 4-1, 4-1, 4-2. Stricker yang merupakan semifinalis Next Gen ATP Finals 2022 pastinya berambisi untuk mengulangi pencapaiannya tersebut atau mencapai babak puncak hingga memenangkannya.

Kedelapan petenis di Grup Hijau dan Grup Merah masih harus bertanding sekali lagi pada Kamis (30/11/2023) malam untuk menentukan juara dan runner-up masing-masing grup dimana mereka otomatis maju ke babak semifinal. Selain skor W-L, skor W-L set (menang-kalah set) juga menjadi dasar penentuan para petenis yang lolos ke semifinal apabila terdapat dua atau tiga petenis dengan skor sama 2-1.

Turnamen tenis pertama di Saudi Arabia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline