Lihat ke Halaman Asli

Gatot Tri

TERVERIFIKASI

Swasta

Aduh, Kaki Dominik Koepfer dan Matteo Berrettini Terpelintir di US Open 2023

Diperbarui: 1 September 2023   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu aksi Dominik Koepfer di US Open 2023. (sumber foto: USOpen.org)

Nasib nahas menimpa dua petenis putra di turnamen grand slam US Open 2023 yang kini sedang berlangsung di New York City, Amerika Serikat (AS). Dominik Koepfer (Jerman, peringkat 75 ATP) dan Matteo Berrettini (Italia, peringkat 36 ATP) terpaksa harus mundur dari pertandingan (retired) lantaran mengalami cedera pergelangan kaki yang cukup serius.

Cedera yang dialami Koepfer terjadi di babak pertama ketika bertanding melawan unggulan teratas sekaligus juara bertahan Carlos Alcaraz Garfia (Spanyol) di lapangan utama Arthur Ashe Stadium pada Selasa (29/8/23) malam waktu NYC atau Rabu (30/8/2023) pagi WIB. Mereka baru pertama kali ini saling berhadapan.

Insiden terjadi di gim pembuka set pertama ketika Koepfer hendak memukul bola dari Alcaraz dengan melakukan backhand dua tangan dari posisi kanan tubuhnya. Koepfer melakukan backhand seperti itu karena ia adalah petenis kidal.

Nah, ketika ia dalam posisi tersebut entah bagaimana posisi kaki kirinya kurang selaras dengan gerakan backhand dua tangannya. Kaki kirinya terpelintir (twisted ankle atau ankle sprain) yang pastinya terasa nyeri.

Ilustrasi kaki kanan seseorang mengalami ankle sprain. (sumber foto: Masterton Foot Clinic)

Petenis 29 tahun itu sempat menepi untuk menahan rasa sakit. Di bangku petenis, ia sempat mendapatkan penanganan medis dimana kakinya dibalut.

Pergelangan kaki Dominik Koepfer dibalut oleh tim medis. (sumber foto: ATPTour.com)

Beberapa saat kemudian, ia memutuskan untuk melanjutkan pertandingan. Ia mengatakan kepada wasit, "I'm trying not to retire after 20 minutes because of freaking 20,000 people in the stadium." (Saya mencoba untuk tidak mundur setelah 20 menit karena sudah membuat 20.000 orang di stadion khawatir)

Koepfer adalah petenis yang pantang menyerah. Ia sempat melakukan perlawanan signifikan hingga set pertama berakhir dengan skor 2-6.

Di set kedua, intensitas permainan meningkat. Meski demikian, Koepfer sempat memberikan perlawan cukup sengit di gim pertama set kedua dimana terjadi empat kali deuce.

Sayangnya di gim berikutnya ia malah kedodoran, kalah secara love game di tiga gim berturut-turut. Di gim kelima ia sempat bangkit untuk memberikan perlawanan, namun ternyata ia sudah pada titik dimana ia tidak mampu bertahan lagi dan harus menyerah.

Ia berjalan ke arah net dengan perlahan untuk bersalaman dengan Alcaraz seraya meminta maaf bahwa ia tidak dapat melanjutkan pertandingan. Sangat disayangkan karena pertandingan kedua petenis ini sepertinya bakal seru.

Berikut tayangan highlights pertandingan mereka. Video berikut tidak menampilkan insiden yang dialami Koepfer di gim pertama. Namun kita bisa melihat footwork Koepfer kurang maksimal, sepertinya ia menahan rasa nyeri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline