Lihat ke Halaman Asli

Gatot Tri

TERVERIFIKASI

Swasta

Venus Williams Bakal Kembali di Musim Lapangan Tanah Liat?

Diperbarui: 27 Maret 2023   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Venus Williams. (sumber foto: eNCA)

Petenis legendaris Venus Williams memberi sinyal bahwa ia akan segera kembali ke lapangan setelah cuti sejak Januari 2023 karena cedera. Menurut kabar dari Tennis World USA, Williams memilih kembali di musim turnamen lapangan tanah liat awal April 2023.

Kabar ini bermula dari informasi yang dibagikan oleh sebuah akun Twitter bernama @VeeSTARWilliams yang mengunggah dua buah buah tangkapan layar dari akun Instagram (?) @elevenbyvenus. Akun tersebut merupakan medium promosi "EleVen", sebuah clothing line yang dikendalikan oleh Williams.

Ada pertanyaan tentang apakah Williams akan kembali di musim lapangan tanah liat? Venus merespon bahwa itu masuk dalam rencananya. Lalu pertanyaan berikutnya tentang kapan Venus akan kembali mengikuti tur? Venus menjawabnya dengan "Kuharap segera! Kita lihat saja nanti!"

Sejauh ini petenis 42 tahun itu belum membagikan informasi lebih detail mengenai turnamen mana saja yang akan ia ikuti. Sebagai informasi, turnamen pembuka musim lapangan tanah liat 2023 adalah WTA 500 Charleston Open dan WTA 250 Copa Colsanita yang diadakan 3-9 April 2023. (sumber: WTA Tour)

Setelah itu ada sejumlah turnamen-turnamen berikutnya yang digelar hingga Mei 2023, antara lain WTA 500 Stuttgart Open, WTA 1000 Madrid Open dan WTA 1000 Italian Open. Kalau Williams serius akan comeback, pastinya ia juga tidak akan melewatkan turnamen akbar grand slam French Open 2023 yang berlangsung 29 Mei hingga 5 Juni 2023.

Juara tujuh kali grand slam itu memulai musim tur 2023 di turnamen WTA 250 ASB Classic di Auckland, Selandia Baru, Januari lalu dengan hasil kurang memuaskan. Setelah menang straight set atas Katie Volynets (AS) di babak pertama, langkahnya dihentikan oleh Zhu Lin (China) di babak kedua setelah bertanding tiga set.

Selama mengikuti turnamen tersebut, ternyata ia mengalami cedera otot hamstring dan memutuskan rehat dari tur. Ia juga menyatakan mundur dari grand slam Australian Open 2023 yang sebenarnya telah memberinya satu tiket wildcard di nomor tunggal putri.


Reuters di awal Februari 2023 lalu memuat pernyataan Williams mengenai keputusannya untuk rehat sebagai berikut: "This is the kind of injury that you have to let it rest a bit before you can start to do serious rehab... You have to walk before you run and I'm starting to walk pretty good. Hopefully, I'll be running soon, but for now, I'll not be playing tennis." (Ini adalah jenis cedera dimana Anda harus beristirahat sejenak sebelum Anda mulai melakukan rehabilitasi serius ... Anda harus berjalan sebelum berlari dan saya mulai berjalan dengan cukup baik. Mudah-mudahan, saya akan segera berlari, tetapi untuk saat ini, saya tidak akan bermain tenis.)

Venus Williams bakal tampil di turnamen manakah?

Dari data ranking WTA edisi 27 Maret 2023, saat ini Williams duduk di peringkat 672 dunia di tunggal dan 1301 di ganda. Bila ia comeback di nomor tunggal turnamen WTA, sudah pasti ia akan menjalani babak kualifikasi terlebih dahulu.

Akan lebih menguntungkan baginya bila ia mendapatkan tiket wildcard, jadi ia akan langsung bertanding di babak utama. Mengingat riwayat Williams yang merupakan mantan petenis nomor satu dunia, rasanya ia tidak akan kesulitan menerima tiket wildcard.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline