Lihat ke Halaman Asli

Garudamudaindo01

Internet Marketer, penulis, editor

Mengenal Susu Kedelai yang Bermanfaat

Diperbarui: 27 Februari 2020   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cupandleaf.com

Mengenal Susu Kedelai Yang Bermanfaat -- Susu kedelai memang sudah menjadi minuman alternative untuk menggantikan susu. Selain itu susu kedelai memang sangat cocok diminum bagi orang yang beralergi susu sapi, lalu tidak suka makan tanpa olahan. Justru itu susu kedelai lah yang paling sering diminum oleh banyak orang.

Dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai malah tidak mengandung seperti kolesterol, rendah lemak, jenuh, serta tidak mengandung laktosa. Hal ini karena sudah dirasakan oleh siapa saja, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi pun lebih cocok meminum susu kedelai.

Mengenal Susu Kedelai Yang Bermanfaat

Selain sangat cocok untuk diminum, ternyata susu kedelai terdapat manfaat yang tidak kalah dengan susu sapi di antaranya sebagai berikut.

1. Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Untuk manfaat susu kedelai yang bisa anda ketahui yakni bisa menurunkan kadar kolesterol yang terkandung dalam darah dan sekaligus bisa menaikkan kadar kolesterol yang baik. Efek tersebus bisa dipengaruhi dengan kandungan serat yang terdapat dari kedelai tersebut.

2. Bisa Mencegah Tubuh Dari Kanker

Kandungan antioksidan dalam susu kedelai ini ternyata berpotensi dalam mencegah kanker dalam jenis tertentu. Faktanya antioksidan bisa menurunkan resiko kanker. Meski demikian, penelitian sudah memastikan bahwa susu kedelai memang sangat cocok diminum bagi penderita kanker. Terutama bagi penderita pramenopause ataupun menopause.

3. Memaksimalkan Fungsi Sel Darah Merah

Selain bisa mencegah kanker bagi para penderita, susu kedelai pun dapat memenuhu kebutuhan zat besi  sebanyak 8-18 mg dalam satu hari. Zat besi pun dapat membantu dalam membuat sel darah merah yang mampu melakukan tugas dalam mengedarkan oksgien ke seluruh tubuh supaya peredaran darah tetap lancar.

4. Menyehatkan Sistem Pada Saraf

Manfaat selanjutnya yang terdapat susu kedelai ini berhubungan dengan vitamin b-kompleks. Satu gelas susu kecelai pun ternyata bisa mengandung vitamin b12 atau lebih yang bisa dibutuhkan dalam kebutuhan harian.

5. Membuat Jantung Menjadi Lebih Sehat

Selain bisa menurunkan kadar kolesterol, ternyata susu kedelai dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. Karena susu kedelai terdapat kadar lipid plasma yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung di kemudian hari. Minuman yang kaya dengan manfaat ini bersama-sama bisa meningkatkan kesehatan pada jantung.

6. Terdapat Anti Oksidan Yang Sangat Baik

Efek tersebut ternyata memiliki keuntungan dalam menurunkan resiko terjadinya penyakit kronis. Efek anti oksidan dan juga pelindung hati ini ternyata bisa membantu dalam menurunkan stress dan kerusakan sel dalam tubuh. Pada manusia, susu kedelai ternyata dapat mencegah oksidasi LDL yang menghambat pertumbuhan DNA. Sistem tersebut bisa dipercaya membuat pertahan dalam melawan penyakit. Selain itu susu kedelai bisa meningkatkan kekebalan tubuh pada populasi tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline