Lihat ke Halaman Asli

Garin Nanda

@garinnanda_

Nagendra Prasad Sarbadhikari tentang Evolusi Besar Sepakbola India

Diperbarui: 9 Maret 2022   05:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: The Indian Express

Di mata dunia, India memiliki beragam wajah. Artinya, jika bicara tentang negara dengan salah satu jumlah penduduk terbesar di dunia itu, seseorang akan sulit untuk menentukan apa topik yang seharusnya menjadi bahasan. Bisa saja, mereka yang membicarakan India tertarik untuk membahas tentang perkembangan penduduk yang begitu pesat. Lalu, tak jarang pula yang akan langsung menyasar pada industri film terbesar disana, yakni Bollywood. Jika merambah ke dalam ranah olahraga, maka semua pasti akan membicarakan kriket.

Ya, kriket menjadi olahraga paling terkenal di India. Bahkan, pamornya mampu meninggalkan olahraga sepak bola.
Perkembangan sepak bola di India memang tidak terlalu diperhatikan. Dalam sejarahnya, negara yang beribukota di New Delhi itu tidak pernah ikut andil dalam turnamen besar yang secara teratur diselenggarakan.

Evolusi sepak bola India sendiri terjadi pada abad ke 19. Saat itu, salah satu orang bernama Nagendra Prasad Sarbadhikari disebut sebagai tokoh yang menyebar luaskan olahraga sepakbola kepada seluruh rakyat India. Menurut sebuah ulasan yang dilansir dari football paradise, Nagendra Prasad Sarbadhikari merupakan orang pertama yang memberi panggung sepak bola bagi seluruh rakyat India.

Profil Nagendra Prasad Sarbadhikari

Nagendra Prasad Sarbadhikari lahir pada tahun 1869. Ia merupakan putra dari Dr. Surya Kumar Sarbadhikari dan Hemlata Devi. Ia lahir dari keluarga terpandang. Pada tahun 1877, ia ikut menemani ibunya dalam perjalanan menuju sungai gangga. Saat perjalanan menuju sungai yang begitu populer di dunia itu, pandangan Nagendra tiba-tiba diganggu oleh sebuah pertunjukan para tentara Inggris yang tengah memainkan sebuah benda.

Setelah ditelusuri, ternyata itu adalah pusat pelatihan tim Calcutta FC. Calcutta FC merupakan sebuah tim sepak bola yang berisi para tentara Inggris. Nagendra yang penasaran lalu turun dari kereta kudanya untuk melihat lebih jelas, apa yang sebenarnya dilakukan para orang-orang itu.

Setelah berdiri di pinggir lapangan tempat para tentara Inggris berlatih, tiba-tiba bola yang dimainkan keluar dari lapangan dan menuju ke arahnya. Seorang tentara Inggris lalu meminta Nagendra untuk menendang bola itu. Nagendra merasa heran dan takjub. Pasalnya, saat pertama kali ia mengangkat benda yang disebut bola itu, ia merasakan sesuatu yang sangat ringan dan tampak mengagumkan. Ia pun lalu menaruh bola ditanah untuk kemudian ditendangnya.

Menurut cerita, Nagendra menjadi orang India pertama yang menendang bola, meski Nirmal Nath dalam buku yang berjudul 'History of Indian Football' mengklaim bahwa pertandingan sepak bola di India sudah ada sejak tahun 1802. Saat itu, para tentara Inggris dan penduduk lokal bertanding di sebuah tanah lapangan yang berada di wilayah Mumbai.

Sosok Nagendra boleh dibilang sebagai tokoh revolusioner dalam persepakbolaan India, karena setelah ia pertama kali menendang bola, langsung muncul rasa penasaran yang begitu tinggi untuk menggali apa sebenarnya permainan itu. Selain itu, sebelum Nagendra mengenal sepak bola, permainan itu lebih sering dimainkan oleh orang-orang non-India,
dan sekali lagi, Nagendra Prasad Sarbadhikari muncul sebagai seorang yang memberikan perubahan.

Nagendra kemudian menemui rekan-rekan sebanyanya untuk membeli sebuah bola. Mereka pun mau. Namun begitu, ia belum tahu bagaimana aturan sepak bola yang sebenarnya. Hingga pada akhirnya, datanglah seorang bernama Profesor JH Gilligand yang menemui Nagendra untuk menuturkan sejumlah aturan dalam sepak bola.

Membentuk Klub Sepakbola

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline