Lihat ke Halaman Asli

Gigiku Gatal Melihat Korupsi!

Diperbarui: 26 Juni 2015   05:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Mentari bergerak perlahan namun pasti, meninggi, menerjang ubun-ubun. Apalagi saat hari ini tiba, hari Senin, waktunya "penjemuran" membosankan bagi para PNS termasuk saya. Mengikuti apel tanpa makna karena perangkat sound system jelek menyebabkan apa yang disampaikan hanya berupa gumaman kata-kata belaka. "Akh!" Jerit batinku diiukuti kerutan diantara kedua kening.

Beruntunglah aku berada pada urutan ke-8 dalam barisan panjang para pegawai berseragam hijau-ria itu. Jadi jari-jariku bebas menjamah keypad handphone Nokia 6300 tua ini untuk mengakses halaman Kompasiana favoritku. Sesekali kepala kuangkat kedepan, sekadar mengecek siapa tahu gerak-gerik nakal saya ini sedang dimata-matai. Kondisi aman, jack!

Mataku kembali beradu dengan kecepatan wajar ibu jariku sesuai free will (meminjam istilah yang seru diperdebatkan Topan Ripan dan CDM sebelumnya :D) isi kepala saat menumpahkan jalinan aliran aksara. Alhasil, jadilah tulisan ini. Hitung-hitung sebagai aktivitas penghilang kepenatan. he he he..

Selain itu, saya juga sempat mengecek dashboard untuk membaca komentar para Kompasianer terhadap postingan-postingan saya (itupun kalau ada :P) maupun postingan Kompasianer yang lain. Postingan terbaru lainnya juga tak kalah menariknya untuk dibaca sebagai sumber inspirasi hari ini (dan di masa yang akan datang :D) plus dikomentari.

Sedangkan seorang perempuan di depanku malam sibuk ber-Facebook ria. Sekadar meng-update status, memberi komentar? Tak tahulah.. Yang penting aku tidak terganggu. Masing-masing larut dengan dunianya.

"Huaaahm!" sisa kantuk meluncur alamiah diam-diam dari pintu bibirku akibat tidur yang belum terpuaskan.

Beberapa saat kemudian....

"Yes!" seruku girang saat pejabat kabupaten itu mengakhiri ceramahnya yang membosankan. Dan ternyata aku tidak sendirian, kawan. Decak kemerdekaan serupa juga terlontar dari puluhan bibir para PNS di sekitarku. "Fuiiih! Akhirnya selesai juga," ucap mereka.

Yeah.. Itulah serpihan rutinitasku setiap Senin pagi sejak akhir Maret lalu. Menandatangi absen (absen pagi sekaligus siang..aneh tapi sudah biasa :D), mengikuti apel membosankan dari pejabat kabupaten yang sama, kemudian kembali ke rumah sebentar (kebetulan lokasinya berdekatan dengan kantor tadi) guna sarapan yang sudah menjerit sedari tadi untuk kusantap :D, lalu berlanjut ke kantor utama, siap bertarung dengan aktivitas yang juga tak kalah membosankan ;)

Eh, masih ada lanjutan keluhan mengenai ceramah pada apel tadi. Menurutku, itu hanya bualan manis sebagai rangkaian rutinitas untk menutupi akal bulus KKN para pejabat yang kian mengganas dari hari ke hari. Bagaimana bisa sebuah ibukota kabupaten yang baru dimekarkan ini bisa maju? Bullshit! Wartel tak ada, apalagi warnet? OMG... Warnet (pusat internet kecamatan) memang ada sih.. Hanya saja kini menjadi hiasan belaka. Untunglah berbekal persenjataan online minimal (handphone tua sebagai modem, kartu AS Telkomsel dan satu unit laptop ribet) saya bisa tetap berselancar ria di dunia maya, termasuk bersendawa di Kompasiana ini. He he he..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline