Lihat ke Halaman Asli

Gapey Sandy

TERVERIFIKASI

Kompasianer

Berdasar Ilahiyah, Pengkhianatan Membawa Berkah

Diperbarui: 6 Februari 2022   21:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sampul buku Mengkhianati Keputusan Sendiri karya Yansen TP. (Foto diolah: Gapey Sandy)

"Tentu pemda punya alasan dan tidak etis mengungkapkan hal-hal antara Pemda dan maskapai. Persoalan ini sebaiknya dikonfirmasikan dulu, mengenai alasan di balik kebijakan Pemkab Malinau itu, supaya tidak timbul saling menyudutkan." 

Itulah jawaban Wakil Gubernur Kalimantan Utara Yansen Tipa Padan seperti dikutip Antara (2/2/2022) terkait informasi yang menyebutkan Satpol PP Malinau mengusir pesawat Susi Air dari hanggar Bandara Robert Atty Bessing.

Nampak sekali bijaksananya Yansen.

Kutipan penilaian dari (Kata Pengantar) Adri Patton tentang Yansen TP. (Foto diolah: Gapey Sandy)

Simak lanjutan perkataannya, "Sebaiknya kita fokus melakukan pelayanan terbaik untuk perbatasan, karena pelayan komersial apalagi melayani subsidi harus memenuhi asas manfaat dan saling memuaskan".

Yansen paham kebutuhan akses transportasi wilayah. Termasuk urgensi kehadiran maskapai Susi Air.

Kata Yansen, "Banyak maskapai yang melayani masyarakat di perbatasan maka diharapkan semua harus saling berkoordinasi. Tidak hanya aspek bisnis yang dicapai, tetapi terpenuhinya kebutuhan perbatasan berupa kelancaran distribusi barang dan orang, agar suasana kondusifitas di perbatasan bisa tercipta".

Begitulah Yansen. Ucapannya sabdo pandito ratu. Tidak mencla-mencle. Mantan Bupati Malinau dua periode (2011-2016 dan 2016-2021) ini memang khatam kewilayahan.

Yansen TP mendasari perilaku politiknya dengan nilai Ketuhanan. (Foto diolah: Gapey Sandy)

Pribadi Yansen yang tegas diamini Rektor Universitas Borneo Tarakan, Prof Dr Adri Patton MSi. Tapi dibalik itu, Yansen juga "humanis" dan "memberikan yang terbaik". Adri menuliskan semua itu dalam Kata Pengantar Buku Refleksi tentang Filosofi dan Perjuangan Hidup Dr Yansen TP MSi.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline