Lihat ke Halaman Asli

Tim Fakultas Pertanian UNS lakukan pelatihan Akuaponik kepada Pemuda Karang Taruna Desa Sabrang

Diperbarui: 19 Juli 2023   16:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Fadhil Muhammad/Tim PKM 

Delanggu, Klaten, 10 Juni 2023. Fakultas Pertanian UNS melalui Tim yang beranggotakan 5 orang yaitu Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M.Sc, Dr. Ir. Amalia Tetrani Sakya, M.P., M.Phill, Ir. Retna Bandriyati Arni Putri, M.S., Gani Cahyo Handoyo, S.P., M.Si, dan ketua program Dr. Ir. Muji Rahayu, S.P., M.P. melaksanakan penyuluhan dan pelatihan teknologi budidaya akuaponik dengan sasaran program adalah Pemuda Karang Taruna Desa Sabrang. Program Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh UNS melalui LPPM ini  didasari minat yang tinggi dari para pemuda Karang Taruna terhadap budidaya akuaponik. Sebelumnya mereka telah mencoba membuat instalasi hidroponik pada kolam ikan, namun mengalami kegagalan. 

Akuaponik merupakan salah satu system budidaya yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, karena tidak menggunakan nutrisi tambahan, nutrisi berasal dari ammonia yang terkandung dalam kotoran ikan. Amonia yang dihasilkan dari kotoran ikan dapat menjadi racun jika terlalu banyak. Amonia inilah yang kemudian oleh bakteri nitrifikasi akan diubah menjadi nitrat sebagai sumber hara bagi tanaman.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu, 10 Juni 2023 ini dilaksanakan di Shelter Desa Sabrang. Acara dimulai dengan sambutan dari Angga Dwi  Permana, A.Md selaku Ketua Karang Taruna Desa Sabrang, sambutan dari Agus Sukardjito, SE selaku Kepala Desa Sabrang, dan sambutan Kepala Laboratorium Fisiologi dan Bioteknologi Tanaman Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M.Sc. Kegiatan dibagi 2 sesi yaitu sesi materi yang disampaikan oleh Gani Cahyo Handoyo, S.P., M.Si, kemudian sesi praktik yaitu perkenalan alat dan bahan, teknik pemotongan rockwoll, teknik penyemaian benih, pindah tanam semai ke dalam instalasi, dan juga pemeliharaan. 

Sesi kedua dipandu oleh Wawan Widhiyanto, S.P. dan Jajang Hawari R, S.P. yang merupakan pengelola Sebelas Maret Hidroponik FP UNS, serta dibantu oleh beberapa mahasiswa Agroteknologi FP UNS. Kegiatan ini diikuti oleh 26 peserta yang berasal dari pemuda Karang Taruna, BPD Desa Sabrang, Perangkat Desa Sabrang dan Pendamping Desa Kec. Delanggu Klaten. 

Dok. Fadhil Muhammad/Tim PKM 

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan berupa instalasi akuaponik, benih sayuran, ikan, dan pakan ikan kepada Karang Taruna Desa Sabrang. Dengan bantuan modal berupa bahan dan alat pendukung, diharapkan proses diseminasi introduksi budidaya sayuran system akuaponik ini dapat berjalan dengan baik. 

Ketua Program Dr. Ir. Muji Rahayu, S.P., M.P. mengatakan agar program introduksi teknologi akuaponik dapat tercapai, pendampingan akan terus dilakukan baik secara daring maupun dengan monitoring ke lokasi. Ketua Karang Taruna mengucapkan rasa terimakasih dan harapannya kedepan agar program ini dapat terus berjalan dan dapat menjadi percontohan serta lokasi pembelajaran bagi masyarakat Desa Sabrang maupun desa sekitarnya untuk belajar budidaya sayuran system akuaponik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline