Lihat ke Halaman Asli

Kemudahan Bulan Ramadhan bagi Mahasiswa Merantau

Diperbarui: 2 April 2023   07:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Takjil. Sumber Ilustrasi : Pexels.com/Naim-Benjelloun

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Bukan tanpa alasan, di bulan ini ampunan dan pahala diberikan berlipat ganda daripada bulan lainnya. Kesempatan ini diambil oleh umat muslim untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah.

Ibadah yang diwajibkan pada Bulan Ramadhan adalah Puasa Ramadhan. Puasa di bulan ini terasa lebih ringan karena puasa ini dilakukan bersama oleh umat muslim bahkan ada non-muslim turut ikut berpuasa dengan rasa toleransi yang tinggi. 

Pada Bulan Ramadhan, mahasiswa mendapat kemudahan yang ia dapatkan. Ketika membeli makanan, penjual takjil memberikan kami para mahasiswa bonus. Sebagai pengalaman saya membeli nasi satu porsi untuk berdua dengan teman harga 5 ribu, namun tidak disangka-sangka diberi bonus berupa kolak dua bungkus, gorengan, dan lainnya. Bahkan nasi bungkus lebih banyak porsi daripada bulan lainnya.

Selain itu, saat berbuka di masjid mendapat takjil gratis yang didapatkan oleh masjid. Secara finansial, mahasiswa yang memiliki uang saku pas-pasan dapat meringankan permasalahan keuangan. Bagaimana tidak, uang malam tidak terpakai karena takjil sudah disediakan. 

Keberkahan ini hanya dapat dirasakan pada bulan puasa oleh mahasiswa. Mahasiswa juga dengan semangat berpuasa karena tidak perlu memikirkan kekurangan uang makan. 

Semoga bermanfaat. Semangat berpuasa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline