Lihat ke Halaman Asli

Tanaman Tetap Hidup Meski Dipanen?

Diperbarui: 17 Maret 2023   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Padi. Sumber Ilustrasi : Pexels.com/Pixabay

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang ada di Dunia. Tumbuhan dalam ilmu taksonomi di cabang ilmu biologi termasuk ke dalam salah satu kingdom yang ada di Bumi. 

Tumbuhan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita sebagai manusia yang bernafas selalu membutuhkan yang namanya oksigen dan membuang karbon dioksida dalam tubuh kita. Gas yang dibutuhkan yaitu oksigen ini dihasilkan oleh tumbuhan dan menyerap gas karbon dioksida yang beracun bagi tubuh kita melalui proses yang dinamakan fotosintesis.

Dari sistem respirasi saja kita tergantung dengan tumbuhan Masih ada hal lain yaitu masalah pangan sebagai kebutuhan primer manusia. Tumbuhan berperan sebagai pasokan pangan utama pangan manusia. Ditambah gaya hidup vegan dan vegetarian yang semakin populer dengan seiring waktu menjadikan tumbuhan menjadi satu-satu kebutuhan pangan manusia.

Tapi tahukah kalian, produk pertanian tetap hidup meski dipanen dari tumbuhan?

Dalam ilmu teknologi pertanian, terutama ilmu pangan disebutkan bahwa produk pertanian seperti biji-bijian, umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan merupakan bahan yang masih hidup meski telah dipanen. Dibuktikan dengan dua hal yaitu terus mengalami respirasi dan metabolisme.  

Respirasi atau kita sering sebut pernapasan adalah proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida dengan tujuan menghasilkan energi dengan memecah molekul kompleks menjadi lebih sederhana. Metabolisme adalah proses mempertahankan hidup pada organisme dengan menggunakan energi yang dihasilkan melalui proses respirasi. Metabolisme dan respirasi yang terjadi pada pangan hasil panen pertanian dapat dikategorikan hidup.

Lalu apa yang terjadi jika respirasi dan metabolisme terhenti?

Cara dapat menghentikan respirasi dan metabolisme secara instan yaitu dengan cara menghilangkan oksigen yang berinteraksi dengan produk pangan . 

Apa yang terjadi menurut kalian? Produk pangan akan rusak dengan cepat dan secara fisiologi sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Apa yang menyebabkan hal tersebut? Karena produk hasil pertanian itu mati karena terhenti respirasi dan metabolisme. Jadi hal makanan hasil dari tumbuhan harus dalam kondisi hidup atau segar.

Lalu bagaimana yang terjadi jika terjadi respirasi dan metabolisme terus menerus?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline