Lihat ke Halaman Asli

Kata Ahmad Dhani : Bangsat, Bajingan dan Jancuk

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1397652455745680698

Beberapa Minggu yang lalu Ahmad Dhani pentolan grup musik Dewa 19 yang juga salah satu juri di acara Indonesia Idol yang ditayangkan setiap jumat malam di RCTI itu mengaku ditegur oleh KPI karena pada salah satu episode Indonesia Idol mengeluarkan kata-kata yang dianggap tidak senonoh yang menurut Ahmad Dhani adalah sebagai ungkapan kekagumannya kepada salah satu peserta ajang pencarian bakat tersebut.

Kata-kata yang menuai teguran dari KPI itu adalah 'Bajingan' dan 'Bangsat'. Bahkan di episode berikutnya Anang Hermansyah, mantan suami Krisdayanti yang berasal dari Jember Jawa Timur itu menambahkan satu lagi kata yang tidak kalah saru nya, yaitu 'Jancok'

Memang ke 3 kata tersebut diatas adalah kata yang menjadi  favorit untuk dijadikan sebagai kata umpatan. Dan spesial untuk kata Jancok, ini adalah kata paling sering digunakan untuk mengumpat bagi masyarakat Jawa Timur pada umumnya atau Surabaya pada khususnya.

Sebenarnya apa sih arti dari kata-kata tersebut, sehingga Ahmad Dhani sampai ditegur oleh KPI?

1. BANGSAT

Menurut kamus bahasa Indonesia versi online yaitu http://kamusbahasaindonesia.org kata bangsat berarti : (1) kepinding; kutu busuk; (2) cak orang yg bertabiat jahat (terutama yg suka mencuri, mencopet, dsb)

Kutu busuk atau kepinding atau bangsat atau kalau dalam bahasa jawa disebut tinggi  menurut wikipedia adalah sebangsa serangga parasit dari keluarga cimicidae. Kutu busuk dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya. Kutu busuk senang tinggal di rumah manusia, khususnya pada tempat tidur.Kutu busuk biasa tinggal dan bertelur di lipatan tempat tidur atau bantal dan tempat-tempat tersembunyi lainnya. Kutu busuk bisa menggigit tanpa disadari korbannya, biasanya ia akan agresif pada malam hari. ia akan menimbulkan bekas gigitannya yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya. Serangga parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi. Hewan ini beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung.

[caption id="attachment_332034" align="aligncenter" width="300" caption="inilah si Bangsat itu -id.wikipedia.org"][/caption]

2. BAJINGAN

Masih menurut kamusbahasaindonesia.org kata bajingan mempunyai arti : [n] penjahat; pencopet; (2) a kas kurang ajar (kata makian)
Jadi memang dilihat dari arti kata tersebut, kata ini memang digunakan untuk memaki.
Tetapi selain itu, bagi orang jawa kata bajingan sebenarnya bukan kata yang asing, terutama bagi orang jawa jaman dahulu. Karena Bajingan adalah salah satu profesi yang biasa digeluti oleh orang jawa, terutama daerah pedesaan. Seperti halnya profesi pilot sebagai pengemudi pesawat terbang, atau masinis sebagai pengemudi kereta api, bajingan adalah pengemudi gerobak sapi (pedati) atau orag jawa biasa menyebutnya cikar. Jadi yang menjalankan cikar itu adalah seorang bajingan.

[caption id="attachment_332035" align="aligncenter" width="300" caption="inilah si bajingan itu - http://keluargakhdahlan.blogspot.com"]

13976538601383553033

[/caption]
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline