Lihat ke Halaman Asli

Syekh Abdur Rauf as-Singkili

Diperbarui: 3 Juni 2021   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Syekh Abdur Rauf as-Singkili | Imam Yunni

Prolog

Aceh berperan penting dalam penyebaran pemikir tassawuf.Aceh merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara negara semenanjung melayu.maka dari itu aceh diberi gelar "serambi mekkah" karena dahulu aceh dikenal dengan tempat keluar masuk atau pintu perdagangan dari berbagai negara.maka tidak dipungkiri bahwa aceh merupakan tempat penyebaran agama islam.

Perkembangan tassawuf sendiri berbarengan dengan datangnya agama islam.Awal kedatangan agama islam yang ditandai dengan munculnya kerajaan kerajaan di aceh.

Seiring dengan berkembangnya agama islam di indonesia , semakin erat hubungannya antara islam dan tassawuf sejalan dengan misi agama islam untuk membawa umat manusia yang bertauhid dan percaya kepada Tuhan. awal mula pertumbuhan tassawuf di indonesia bermacam macam konsep ajaran tassawuf yang disampaikan oleh sufi. 

Seperti contoh al khauf dan al raja diperkenalkan oleh Al-Hasan al-Basri,muhabbah oleh Rabi'ah al Adawiyah,hulul oleh al hallaj,al-ittihad oleh yazid al bustami dan ma'rifah oleh abu hamid al Gazali.perkembangannya dari asia tengah hingga masuk ke indonesia.

Para sufi yang pertamakali menjadi mursyid seperti Hamzah Fansuri,Syamsuddin as-sumatrani,Nuruddin ar-Raniri,Abd Rauf as-Sengkeli dan Syekh Yusuf al-Makassar.Dalam pengembangan agama Islam beliau smemiliki kontribusi dalam penebaran agama.Disamping itu memiliki sebuah metode metode dalam penyebarannya seperti menggunakan dakwa seperti wali songo dan lain lain.

Baca juga: Ulama Asal Palestina Syekh Abdullah Kan'an, Pendiri dan Mufti Pertama Kesultanan Aceh

Dalam artikel ini saya membahas tentang sufi Syekh Abdur Rauf as Singkili yang mana beliau termasuk sufi yang pertamakali mengajarkan ilmu tassawuf.ajaran tassawuf dari Sykh abdur Rauf as Singkili ini adalah Syattariah yang memiliki perbedaan antara aliran wahdatul wujud dan syuhudiyah.

Pada waktu itu sangat populer konsep wujuddiyat yang dipopuler kan oleh Hamza Fansuri. Syekh Abdurrauf tidak hanya seorang sufi saja tetapi beliau adalah seorang yang produktif yang memiliki berbagai karya karya seperti ilmu fiqih ,Tassawuf,Tauhid ,Tafsir dan Hadist.

Jadi Abdurrauf ini dalam konsep tasawufnya ingin menjadi penengah atau penyejuk dari konsep konsep antara wahdatul wujud dan syuhudiyah yang berkembang pada saat itu.dengan menekankan konsep zikir untuk pendekatanya kepada Allah SWT.

Biografi Abdur al Rauf as Singkili

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline