Lihat ke Halaman Asli

Galuh Wulandari

Universitas Diponegoro

Tingkatkan Konsumsi Makan Ikan! Mahasiswa Undip Edukasikan Pentingnya Makan Ikan Kepada Anak-Anak

Diperbarui: 13 Agustus 2022   12:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Banyuurip(28/07)-- Mahasiswa TIM II KKN UNDIP melaksanakan kegiatan edukasi GEMARIKAN pada hari Kamis, 28 Juli 2022. Kegiatan edukasi GEMARIKAN merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

GEMARIKAN merupakan gerakan moral yang bertujuan untuk memotivasi  masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas. Makan ikan harus dibiasakan sejak dini karena daging ikan mudah dicerna, sehingga baik bagi anak-anak yang memiliki pencernaan yang agak bermasalah.

Edukasi GEMARIKAN ini dilaksanakan pada anak kelas 4 SDN Banyuurip 02. Mahasiswa memaparkan materi melalui media powerpoint dengan materi pengertian GEMARIKAN, mengapa harus makan ikan, kandungan gizi ikan, manfaat makan ikan, dan contoh aneka produk olahan ikan serta penampilan video Kampanye GEMARIKAN. Dalam pemaparan materi juga diselipkan beberapa pertanyaan dan kuis tebak ikan untuk membangkitkan semangat anak-anak. Setelah kegiatan Edukasi GEMARIKAN selesai, dilanjutkan pemberian beberapa produk olahan ikan seperti bakso ikan, scallop, dan otak-otak ikan kepada seluruh siswa, lalu dilanjutkan dengan dokumentasi foto bersama.

dokpri

Dengan pelaksanaan program Edukasi GEMARIKAN di harapkan tumbuh kesadaran siswa untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal. Ikan sebagai salah satu sumber protein yang murah dibandingkan dengan daging, dengan segenap manfaatnya. Melalui kegiatan ini, anak-anak mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya mengkonsumsi ikan dan yang semula tidak suka makan ikan menjadi suka makan ikan dan menjadikan ikan sebagai hidangan harian yang sehat.

Penulis : Galuh Wulandari (Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Diponegoro)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline