Lihat ke Halaman Asli

Galuh Wintang Praharsti

Mahasiswa Universitas Airlangga

Pembangunan Air Mancur Menari Sebagai Pesona Baru Telaga Ngebel

Diperbarui: 9 Juni 2022   07:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Telaga Ngebel merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Ponorogo. Wisata Telaga Ngebel ini dinilai memiliki keunikan tersendiri berupa keindahan alam dengan hutan yang masih asri dan sejuk. Tidak heran banyak pengunjung yang berdatangan setiap tahunnya untuk melepas stess dan suntuk.

Semenjak adanya Covid-19 pada tahun 2020 hampir semua sektor wisata mengalami penurunan, begitupun dengan obek wisata Telaga Ngebel. Namun kondisi ini tidak menutup kesempatan bagi Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk mengembangkan objek pariwisata Telaga Ngebel untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Pemerintah Kabupaten Ponorogo ingin menjadikan Wisata Telaga Ngebel sebagai prioritas wisata untuk dikembangkan. Hal ini karena Wisata Telaga Ngebel juga memiliki potensi budaya selain dari ke indahan alamnya, seperti pagelaran Seni Reog, Kucur Bathoro dan Larungan Telaga Ngebel setiap malam 1 Suro yang menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Berdasarkan rencana pengembangan kawasan wisata Telaga Ngebel akan ada pembangunan Tribun Area, Air Mancur Menari, Sentra PKL, Pasar Agribisnis, Pos Tiket dan Jalan Layang di area wisata Telaga Ngebel. Rencana ini disambut baik oleh masyarakat dan pengunjung telaga.

Air Mancur Menari (Water Fountain) dan Tribun Area akan menjadi pusat kawasan wisata yang dibangun di kawasan dermaga yang paling banyak di kunjungi wisatawan. Selain itu akan ada sub kawasan yang terletak di Pasar Agribisnis Ngebel dan Ex. Terminal yang menjadi sentra dari hasil bumi khas Ngebel.

Proses pembangunan dari proyek ini akan dimulai di tahun 2022 dan pada tahap pertama akan diawali dari pembangunan Tribun Area di kawasan Dermaga saat ini. Seluruh tahap pembangunan diperkirakan selesai di tahun 2032 mendatang sampai pada pembangunan jalan layang.

Harapan masyarakat dengan adanya pengembangan daerah wisata Telaga Ngebel ini diantaranya membuka peluang usaha dan meningkatkan perekonomian dan kawasan wisata bisa tertata, bersih dari sampah dan juga ramah untuk pejalan kaki.

Harapan ini sangat sejalan dengan misi Pemerintah Kabupaten Ponorogo yang berupaya meningkatkan perekonomian daerah berbasis pertanian dan pariwisata serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline