Lihat ke Halaman Asli

Galuh Nurul

Mahasiswa

Library Branding Badan Perpustakaan Pusat Universitas 17 Agustus 1945 Semarang sebagai Inovasi oleh Mahasiswa Job Training Ilmu Perpustakaan Undip

Diperbarui: 21 Februari 2024   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan inovasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip 2023/2024 kepada Badan Perpustakaan Pusat Untag Semarang pada 15 Februari 2024. dokpri

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro khususnya program studi Ilmu Perpustakaan di setiap tahunnya selalu mengirimkan mahasiswa-mahasiswanya di semester 5 untuk melakukan magang atau job training dalam rangka pemenuhan mata kuliah dan penerapan ilmu-ilmu teori di lapangan. Salah satunya yaitu Kelompok 7 yang terdiri dari Galuh Nurul Habibah, Kartika Nur Asri, Alifah Humaira dan Samsudin yang melaksanakan kegiatan job training di Badan Perpustakaan Pusat UNTAG Semarang dengan membawa inovasi-inovasi yang terbaru. Inovasi ini berupa pembuatan poster mengenai layanan terbaru yaitu layanan turnitin dan repository bagi para pemustaka, pembuatan konten baik melalui feeds ataupun reels, dan pembuatan modul mengenai open access journals.

Hasil dari program yang terlaksana. Dokpri.

Kegiatan job training ini berlangsung selama 35 hari dengan serangkaian program terkait  ilmu perpustakaan yang sudah dirancang sedemikian rupa sesuai dengan permasalahan yang ada di Badan Perpustakaan Pusat UNTAG Semarang. Salah satu program tersebut adalah program inovasi yang berkaitan dengan library branding. Dalam pelaksanaan program ini kami mengawalinya dengan pembuatan konten instagram seputar layanan yang ada di Badan Perpustakaan Pusat UNTAG Semarang termasuk koleksi serta sudut-sudut khusus yang ada di sana. Inovasi lain yang kami lakukan adalah membuat poster terkait alur layanan turnitin dan repository yang kemudian disebarkan ke perpustakaan-perpustakaan fakultas di UNTAG Semarang. Kemudian, khusus untuk Badan Perpustakaan Pusat UNTAG Semarang sendiri, kami membuat stand banner terkait layanan turnitin. Selain itu, kami juga membuat modul yang berisi jurnal open access baik jurnal nasional maupun internasional berikut dengan cara mengaksesnya. Pembuatan modul ini juga berdasarkan masukan yang diberikan oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Dra. Emiliana Sri Pudjiarti, S.E., M.Si. agar kegiatan job training yang kami lakukan memiliki keberlanjutan dan dapat dirasakan oleh semua civitas akademika UNTAG Semarang. Inovasi-inovasi ini bertujuan untuk dapat mengedukasi para pemustaka lebih dalam lagi dan menjadi citra yang baru bagi UNTAG Semarang khususnya Badan Perpustakaan Pusat.

Penyampaian output dan penutupan kegiatan magang 2023/2024, dokpri

"Saya berterima kasih dengan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip yang sudah membantu dan menyelesaikan magang dengan baik. Hasil akhir seperti modul open access journals ini sangat bermanfaat bagi civitas akademik di sini dan mungkin nantinya akan diberikan pelatihan lebih lanjut bagi para civitas akademik terkait dengan open access journals ini." Ucap Emiliana, Wakil Rektor I UNTAG Semarang.

Dengan adanya inovasi-inovasi baru yang dihadirkan, harapannya inovasi ini terus berlanjut dan menjadikannya sebagai motivasi bagi Badan Perpustakaan Pusat UNTAG Semarang untuk lebih berkembang. Selain itu adanya penempatan magang mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip di sini bisa menjadi salah satu upaya dalam menjalin relasi lebih baik lagi kedepannya dengan prodi Ilmu Perpustakaan Undip.

"Ini memang yang diharapkan dari mahasiswa yang magang di sini. Tentunya program inovasi-inovasi ini terlebih khusus modul open access journals sangat bermanfaat bagi civitas akademik di sini. Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa magang Ilmu Perpustakaan Undip." Ucap Giyah, Wakil Rektor II UNTAG Semarang sebagai penutup.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline