Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) yang Diselenggarakan oleh Mahasiswi Peserta KKNT 35 UNIDA Gontor

Diperbarui: 13 Maret 2024   21:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1.  Pengisian daftar hadir dan pemberian snack kepada para peserta pelatihan /DOK. pri

PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) KKN 35

UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

Pada Jum'at, 27 Sya'ban 1445 yang bertepatan dengan 08 Maret 2024. Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIDA Gontor Angkkatan 35 mengadakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC). Kegiatan ini berlangsung di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Desa Jogorogo pada pukul 08.30 hingga 11.00 WIB dan dihadiri oleh perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) seluruh desa di Kecamatan Jogorogo. Acara dimulai dengan sambutan oleh Bapak Wibowo Santoso, S.P., M.M.A. selaku Kepala BPP Desa Jogorogo.

Pelatihan diawali dengan pemaparan materi mengenai POC yang disampaikan oleh Al-Ustadz Use Atica, S.P., M.M.A. POC merupakan salah satu jenis pupuk yang dapat diaplikasikan ke tanaman yang berbentuk cairan. POC adalah pupuk yang dibuat secara alami melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan yang berasal dari pembusukan sisa tanaman, maupun kotoran hewan atau manusia. Bahan yang digunakan dalam pembuatan POC harus dipastikan kualitasnya. Jika menggunakan urin, maka urin tersebut harus murni dan belum tercapur cairan lainnya.

Penggunaan POC dapat dilakukan dengan metode siram ataupun semprot. Salah satu yang menjadi ciri POC adalah penggunaan bahan organik. Penggunaan POC dalam pertanian ini dapat mempertahankan lingkungan, karena tidak akan terjadi pencemaran tanah ataupun kerusakan tanaman. Usai pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan praktik pembuatan POC yang dipandu langsung oleh Al-Ustadz Use Atica, S.P., M.M.A. Harapan setelah dilaksanakan pelatihan ini, Gapoktan di Desa Jogorogo dapat membuat POC secara mandiri dan mampu mentransfer ilmu ke para petani.

Gambar 2. Penyamapain materi oleh Al-Ustadz Use Etica, S.P., M.M.A./dok. pri

Gambar 3. Pemberian Cinderamata kepada pemateri dan Bapak Kepala BPP/dok. pri

Gambar 4. Praktek pemuatan POC oleh para peserta dan didampingi oleh pemateri/dok. pri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline