Lihat ke Halaman Asli

Lebanon Bersedih! #PrayForLebanon

Diperbarui: 5 Agustus 2020   19:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Instagram @qatarmagic

Dunia dihebohkan dengan ledakan dahsyat yang terjadi di ibu kota Lebanon yaitu kota Beirut. Ledakan terjadi pada Selasa (4/8/2020) petang waktu setempat.

Sumber : Kompas.com

Ledakan itu terjadi di kawasan pelabuhan. Banyak warga setempat yang mengabadikan momen langkah tersebut. Dari gumpalan asap hingga ledakannya yang dahsyat.


Korban tewas dan luka-luka belum bisa dipastikan dengan jelas tapi sepertinya angka korban dan luka-luka tidaklah sedikit melihat ledakannya begitu dahsyat.

Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab mengutarakan bahwa penyebab ledakan dahsyat tersebut disinyalir karena 2.750 ton amonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian. Pupuk itu disimpan selama bertahun-tahun dalam gudang di tepi laut. 

Apa itu Amonium nitrat sehingga bisa meledakkan Kota Beirut?.

Amonium nitrat adalah suatu senyawa kimia, yang merupakan garam nitrat dari kationamonium. Senyawa ini utamanya digunakan dalam pertanian sebagai pupuk kaya-nitrogen.Penggunaan utama lainnya adalah sebagai komponen campuran peledak yang digunakan dalam konstruksi pertambangan, penggalian, dan konstruksi sipil.

Perdana menteri Lebanon juga menegaskan bahwa Pemerintah Lebanon segera menggelar penyelidikan untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas insiden mengerikan tersebut.

"Apa yang terjadi hari ini tidak akan dibiarkan begitu saja. Mereka yang bertanggung jawab akan menerima akibatnya," tegas Diab.

Sumber : Instagram @amazingleader_

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline