Lihat ke Halaman Asli

Galih Yogo Cahya Adhi

RSUD Sukowati Tangen

Kencing Manis itu Diabetes

Diperbarui: 6 April 2023   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Diabetes adalah kondisi medis yang terjadi ketika kadar gula (glukosa) dalam darah seseorang terlalu tinggi. Glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh dan dihasilkan ketika tubuh mencerna karbohidrat dalam makanan yang kita konsumsi.

Ketika kita makan karbohidrat, tubuh akan mengeluarkan hormon insulin dari pankreas untuk membantu mengalirkan glukosa ke dalam sel-sel tubuh. Namun, pada orang yang menderita diabetes, tubuh tidak dapat menghasilkan insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif.

Jenis diabetes yang paling umum adalah diabetes tipe 2, yang terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan diabetes tipe 2 termasuk obesitas, kurang aktifitas fisik, makan makanan tinggi kalori dan gula, usia tua, riwayat keluarga diabetes, serta kondisi medis seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Gejala diabetes meliputi sering buang air kecil, merasa haus atau lapar terus-menerus, kelelahan, pandangan kabur, infeksi berulang, dan luka yang sulit sembuh. Jika tidak diobati, diabetes dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti kerusakan saraf, kerusakan ginjal, masalah penglihatan, dan bahkan kematian.

Pengobatan diabetes meliputi perubahan gaya hidup seperti menjaga pola makan sehat, berolahraga teratur, dan menjaga berat badan yang sehat. Obat-obatan dan insulin mungkin juga diperlukan untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan rencana pengobatan terbaik untuk setiap individu yang menderita diabetes.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline