Lihat ke Halaman Asli

Galih Juang

Pembelajar

Urgensi Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Disrupsi Teknologi

Diperbarui: 14 September 2024   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Teknologi. Sumber Gambar: Shutterstock

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang mengakui bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar, kecepatan belajar, dan minat yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran ini, guru tidak lagi mengajar dengan cara yang sama untuk semua siswa, tetapi menyesuaikan pengajarannya agar sesuai dengan kebutuhan individu setiap siswa. 

Tujuan Utama Pembelajaran Berdiferensiasi:

Memaksimalkan Potensi Setiap Siswa: Setiap siswa memiliki potensi yang unik. Pembelajaran berdiferensiasi membantu siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka dengan memberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Meningkatkan Motivasi Belajar: Ketika siswa merasa bahwa pembelajaran dirancang khusus untuk mereka, motivasi belajar mereka akan meningkat. Mereka akan lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Membuat Pembelajaran Lebih Menyenangkan: Dengan beragamnya aktivitas dan pilihan pembelajaran, proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.


Aspek yang Dibedakan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi:

Konten: Materi pelajaran dapat disesuaikan tingkat kesulitannya.

Proses: Cara penyampaian materi dapat bervariasi, misalnya melalui teks, gambar, video, atau simulasi.

Produk: Tugas akhir yang diberikan dapat disesuaikan dengan minat dan gaya belajar siswa. 

Lingkungan Belajar: Tata letak kelas, kelompok belajar, dan penggunaan teknologi dapat diatur untuk memenuhi kebutuhan siswa yang berbeda.


Contoh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline