Lihat ke Halaman Asli

galih jati

Adventure Tour Guide

Ketika Letusan Sinabung Membawa Berkah

Diperbarui: 23 Februari 2018   19:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Letusan Gunung Sinabung

Gunung Sinabung masih terus meletus mengeluarkan awan panas dan debu vulkanis. Tiap letusan akan membuat debu-debu berita beterbangan ke seluruh dunia, sampai akhirnya masuk ke telinga para maniak gunung berapi. Wedhus Gembel akan menarik mereka untuk datang dan merasakan panasnya bulu-bulu gembulnya. Inilah waktuku untuk mendapat berkah-berkah debu letusan itu. Tugas ku sangat sederhana yaitu mengantar para maniak gunung berapi itu untuk mendapatkan foto-foto dan video letusan yang istimewa. 

Gunung Sinabung adalah Gunung yang membangun kubah lava diatasnya. Kalau kubah lava ini rontok maka akan timbul aliran awan panas yang turun melewati lereng gunung dengan kecepatan tinggi dan bersuhu lebih dari 600 derajad celcius, cukup panas untuk membuat tubuh manusia menjadi arang dalam 5 detik. Letusan Sinabung yang lain adalah vertikal blast eruption, yaitu menyemburkan lava secara tegak lurus ke atas. Letusan inilah yang terjadi pada pertengahan bulan February yang lalu. Video letusan yang cukup viral kemarin bisa dilihat dibawah ini.

Saat membawa seorang fotografer dan filmaker, terkadang saya harus berada di zona bahaya. Resiko memang besar sekali ketika kita bermain dengan alam yang sedang mengamuk. Tapi pengalaman bertahun-tahun dengan gunung meletus telah melatih saya untuk mencari tempat-tempat yang sekiranya aman. Walaupun, saya sendiri tidak bisa 100 persen mengatakan tempat itu aman. Untuk mendapat gambar dan foto terbaik saya membawa klien untuk berjaga siang malam dengan kamera siap merekam dan memfoto momment langka sebuah letusan. Dibawah ini adalah hasil rekaman kamera saya sendiri saat membawa tamu ke Sinabung tahun 2016. Tonton sampai habis ya!

Gunung Berapi dan aktifitasnya adalah kecintaan saya. Fenomena letusan gunung berapi tidak setiap saat dapat kita lihat. Indonesia punya 130 gunung api aktif, tersebar dari Sabang sampai Merauke. Rata-rata per tahun hampir tiap 2 minggu akan terjadi letusan dari salah satu Gunung Api di Indonesia. Tapi karena jarak dan tepatnya waktu letusan sangat sulit diprediksi maka untuk mendapatkan foto dan video letusan sangatlah sulit. Namun, dengan kesabaran dan tour organizer yang tepat maka kemungkinan akan lebih banyak. Berikut hasil-hasil foto saya dari beberapa Gunung Berapi di Indonesia. 

Letusan Sinabung

Letusan Gunung Semeru

Batutara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline