Lihat ke Halaman Asli

Galih Adithia

Sang Petualang

Mengenal Taktik Fenomenal Dalam Permainan Sepakbola

Diperbarui: 10 Juni 2023   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : review.bukalapak.com

Sepak bola adalah olahraga yang mengutamakan kecerdasan. Dalam sebuah pertandingan, setiap tim memiliki taktik tersendiri yang akan diterapkan. Dan itu membutuhkan pemikiran yang cerdas dari pihak pelatih.

Biasanya pelatih akan memberikan instruksi kepada para pemainnya sebelum dimulainya pertandingan. Ini akan menunjukkan kepada pemain taktik yang akan digunakan. Taktik adalah strategi atau dasar pemikiran yang dirancang dan diterapkan dalam permainan oleh individu, kelompok atau tim untuk memenangkan pertandingan secara sportif.

Penggunaan taktik dalam sepakbola merupakan upaya untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan berkreativitas. Taktik juga merupakan bentuk improvisasi untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam permainan secara efektif, efisien, dan produktif. Hal ini bertujuan untuk mencapai hasil yang maksimal yaitu menang.

Ada beberapa taktik yang populer dalam permainan sepak bola. Bagi para pencinta atau pemain bola tentu penting mengatahui strategi terkenal di dunia sepak bola.

Berikut ini macam-macam taktik yang terkenal dalam sepak bola.

1. Total Football

Kembali ke era 1970-an, istilah Total Football terlalu populer di dunia sepakbola. Berkat taktik tersebut, timnas Belanda meraih hasil bagus di beberapa turnamen, baik Piala Eropa maupun Piala Dunia. Mereka bahkan mencapai final Piala Dunia dua kali, pada 1974 dan 1978.

Namun, asal muasal total football benar-benar sudah ada pada tahun 1930. Sekitar waktu itu, seorang pria asal Inggris bernama Jimmy Hogan menyadari bahwa permainan sepak bola harus dimainkan dengan gaya longgar, terintegrasi penuh dan aktif. Ini adalah dasar dari taktik Total Football.

Di Total Football, setiap pemain tidak diberi peran tertentu. Mereka dapat saling menggantikan, bertukar posisi dengan cepat, menggabungkan umpan pendek dan panjang untuk mengeksploitasi ruang di pertahanan lawan.

Tidak hanya di Belanda, sistem Total Football juga digunakan oleh tim lain, seperti timnas Austria pada tahun 1930-an, Hungaria pada tahun 1950-an bersama Ferenc Puskas dan Sandor Kocsis, serta tim Santos pada tahun 1960-an. Total Football adalah gameplay yang sangat fleksibel.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline