Lihat ke Halaman Asli

Dalam Mimpi pun, Kalian Tidak Bisa Lari dari "Tanggung Jawab"

Diperbarui: 24 Juni 2015   13:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

You will not escape from the responsibility of tomorrow by avoiding today.

-Abraham Lincoln-

Kata-kata diatas berhubungan dengan sikap tanggung jawab, baik kepada sesama, kepada makhluk hidup lain, benda hidup lain, benda tidak hidup, dan sebagainya. Kata-kata Abraham Lincoln diatas kurang lebih memiliki arti : ” Anda tidak akan bisa lari dari tanggung jawab pada hari esok dengan menghindarinya pada hari ini.”

Oke, karena ini adalah tugas kuliah, maka seperti biasa saya akan menjelaskan apa itu yg dimaksud dengan tanggung jawab. Apa itu tanggung jawab ? kalian pasti sudah sering mendengar kata-kata itu, tapi pasti kalian ga akan tertawa jika melihat artinya dalam kamus bahasa indonesia. Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatu, sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi, sebagai akibat perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian, pengorbanan pada pihak lain.

Tanggung jawab timbul karena adanya kesadaran dari orang yang melakukan perbuatan yang menurut orang lain salah, dia merasa dia telah membuat orang lain merasa tidak enak. Seseorang tidak diperbolehkan untuk hidup secara semaunya sendiri, karena itu banyak merugikan. Semua orang harus menciptakan keseimbangan, keselarasan, antara sesama manusia dan antara manusia dan lingkungan.

Akibatnya apabila kita tidak bertanggung jawab atas apa yang harus kita perbuat ada dua, yaitu pada diri sendiri dan pada orang yang bersangkutan. Kita akan merasa gelisah atas apa yang kita perbuat, dan orang yang bersangkutan akan menilai kita dengan buruk.

Mengacu kembali pada kata-kata Abraham Lincoln diatas, tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya dia sudah menjadi bagian dari kehidupan kita, dan selamanya kita tidak akan bisa melarikan diri dari tanggung jawab tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline