Lihat ke Halaman Asli

Keadilan : KEmampuan Analisis Dalam menghadapI perLakuan terhAdap oranglaiN

Diperbarui: 24 Juni 2015   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

“Maka karena itu jikalau kita memang betul-betul mengerti, mengingat dan mencintai rakyat indonesia, marilah kita terima prinsip hal sociale rechvaardigheid ini yaitu bukan saja persamaan politik, harus mengadakan persamaan, artinya kesejahteraan bersama”

(Ir. Soekarno – Pidato lahirnya Pancasila 1 Juni 1945)

Pidato dari bapak Soekarno pada juni 1945 memberitahukan pada kita bahwa “Keadilan” terhadap sesama manusia, sesama rakyat Indonesia adalah hal yang terpenting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap manusia membutuhkan keadilan, dia pasti merasa tidak nyaman apabila orang-orang disekitarnya membuat dia merasa tidak diberikan keadilan.

Berhubung ini adalah tugas yang wajib dikerjakan oleh saya, maka sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu keadilan. Pasti kalian sering mendengar kata “Keadilan”, jadi apa itu keadilan ? Apa kalian pikir itu adalah makanan ? tentu kalian salah, hehe. Keadilan adalah perlakuan yang sama terhadap hak dan kewajiban. Bisa juga diartikan sebagai keadaan dimana setiap orang memperoleh semua hak dan kewajibannya

Keadilan bukan hanya pada perlakuan saja, tetapi dalam segala hal. Kasusnya yang paling sering terjadi tentang keadilan adalah dalam bidang kekayaan atau harta, seseorang menginginkan haknya terpenuhi, hartanya diberikan secara adil dan sama dengan yang lainnya. Hal ini juga dalam sinetron-sinetron sering menjadi konflik, kasus pembagian warisan yang kurang adil antar keluarga. Ehh, kok jadi curcol sinetron.. hehe

Kasus yang saat ini sedang heboh di media massa mengenai Adi Bing Slamet vs Eyang Subur, juga merupakan kasus yang berhubungan dengan keadilan. Arya Wiguna yang menginginkan hak-haknya dikembalikan, menjadi sorotan media massa. Ditambah lagi dengan video-video parodi dari kemarahannya di depan pers. Ups.. Maaf jadi bahas eyang subur nihh..

Semua orang membutuhkan keadilan, tak terkecuali kita, dan yang membaca artikel ini. Kita harus berlaku adil dalam kehidupan sehari-hari, memberikan hak orang lain dan membiarkan dia menjalani kewajibannya. Ingat ! Orang yang berjiwa besar adalah orang yang menjunjung tinggi keadilan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline