Bahasa adalah suatu sarana dalam berkomunikasi dengan sesama. Didalam suatu negara, bahasa nasional digunakan untuk berkomunikasi antar suku dan budaya didalam negara tersebut, sedangkan bahasa internasional adalah bahasa yang digunakan antar negara di seluruh penjuru dunia. Sampai saat ini, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang hampir di setiap negara mempelajarinya. Hal ini berarti bahwa penguasaan bahasa intersaional saat ini adalah penting bagi kemajuan negara itu sendiri. Dengan menguasai bahasa internasional, suatu negara dapat menjalin hubungan yang baik dengan negara lain karena komunikasi yang tidak terhambat suatu apapun, sehingga berpotensi terciptanya ikatan kerja sama dan menghasilkan peningkatan kualitas negara itu sendiri.
Pendidikan bahasa inggris telah diberikan kepada pelajar di Indonesia sejak tingkat dasar, menengah, sampai tingkat akademisi. Akan tetapi, tidak semua wilayah di Indonesia memiliki tingkat penguasaan yang sama. Menurut laporan hasil ujian nasional (UN) tingkat SMP yang dirilis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, masih terdapat perbandingan nilai yang relatif jauh antara satu wilayah dengan wilalyah yang lain di Indonesia. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh banyak faktor seperti tenaga pengajar yang sedikit, kesadaran masyarakat wilayah tersebut tentang pentingnya peran bahasa internasional yang masih minim, sampai metode pembelajaran bahasa inggris itu sendiri yang terkesan merepotkan dan tidak berkembang, sehingga bagi sebagian siswa sekolah, khususnya siswa yang berada di pedesaan kurang berminat untuk mempelajari bahasa inggris. Hal tersebut cukup mengkhawatirkan terkait dengan pemerataan penyebaran pendidikan di Indonesia dan peran generasi muda itu sendiri yang nantinya sebagai penerus bangsa ini.
Karena permasalahan tersebut tidak dapat dibiarkan, kami mencoba berinovasi untuk menciptakan suatu sarana yang dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar bahasa inggris. Inovasi tersebut berupa permainan ular tangga yang telah dimodifikasi, sehingga dalam setiap kotak angkanya terdapat challenge/perintah yang relevan dengan pelajaran bahasa inggris untuk siswa tersebut. Challenge tersebut ditujukan langsung bagi siswa yang memainkannya untuk menjawab pertanyaan, berhitung, bernyanyi sampai mengemukakan pendapatnya dengan menggunakan bahasa inggris untuk dapat melanjutkan melempar dadu lagi. Inovasi tersebut ditujukan kepada siswa SMP tingkat satu (Kelas X), dengan harapan dapat menarik minat siswa untuk mempelajari bahasa inggris. Selain meningkatkan efektifitas pembelajaran bahasa inggris, permainan ini juga dapat menumbuhkan sifat kompetitif bagi siswa yang memainkannya. Dengan tingkat implementasi yang tinggi, inovasi ini sangat mungkin direalisasikan kesetiap daerah di Indonesia, dan tentunya dapat mewujudkan siswa sekolah dasar Indonesia yang prestatif dalam pelajaran bahasa inggris.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H