Lihat ke Halaman Asli

Gaganawati Stegmann

TERVERIFIKASI

Telah Terbit: “Banyak Cara Menuju Jerman”

Mengajak Kompasianer Aceh Ngobrol Idul Adha

Diperbarui: 8 Juli 2023   18:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ngobrol bareng Farissa (dok.Gana)

Kontak terakhir Kompasianer Farissa aka Ikhwanul Farissa di Aceh tangal 27 April 2023. Itu waktu aku mengundang dia ikutan zoom bersama mbak Iin Herlina yang ketemu pak Jokowi di Hannover. Waktu itu aku bilang, mau ke Aceh dan pengen bikin Kotekatrip di sana, karena admin Diaz nggak ngasih kabar kepastiannya. Farissa menyambut hangat ajakan untuk bikin acara di Aceh. Beberapa hari setelah itu tepatnya 5 Mei, aku kasih kabar Farissa bahwa mas Diaz almarhum. Akupun menginisiasi doa bersama lewat zoom supaya yang waktu takziah nggak bisa ikut bisa mendoakan bersama-sama. 

Farissa sangat terkejut dengan kabar tak terduga tersebut. Di Komunitas Traveler Kompasiana memang beda. Kami bertemu lewat online, bisa dihitung yang bisa ketemu lewat darat. Aku pikir sama saja, asal esensinya sama-sama keren.

Lantas di bulan Juni, aku kirim pesan untuk sebuah pertanyaan klasik "Mau jadi narsum Kotekatalk tentang Banda Aceh dan Idul Adha di sana, nggak? Karena menurutku serambi Mekah itu pasti sangat kental perayaannya. Aku nggak nyangka kalau si Farissa ini bener-bener panitia Idul Adha 2023!!! Apakah aku punya mata ketiga? Kayaknya iya ... hahahha ... kalau mata sapi, kayaknya enggak.

Cowok ASN itupun akhirnya mengirimkan foto dan video perayaan Idul Adha di Banda Aceh. Menurutku bagus karena nanti sebagai moderator, aku bisa bantu share data kalau saja dari narsum nggak bisa. Maklum, internet Indonesia gitu, deh. Wkwkwk.

Rangkaian galeri kegiatan penyembelihan heewan qurban oleh Pemuda Muhammadiyah Kabupatne Aceh Barat di hari Idul Adha 1444H atau 2023 M  seru banget. Ada gambaran bahwa semua begitu semangat walau nggak digaji dan tempatnya kan kotor dari darah dan hewan. Ada juga sapi mengamuk, jadi nggak hanya sapinya bapak presiden RI1 ya, yang ngamuk. Sangat hewani, bahwa ada hewan yang punya firasat buruk waktu mau disembelih dan berontak nggak mau.

Dijelaskan pria berkacamata itu, shalat Ied disana dilaksanakan pada tanggal 28 Jui 2023 berbeda dengan pemerintah pusat yang diselenggarakan 29 Juni 2023.

Tepat pada hari yang aku bilang ke pria kelahiran Aceh Barat itu, acara akan berlangsung melalui zoom gratisan, 40 menit saja. 1 Juli 2023 pukul 16.00 WIB. Kami hadir 5 menit sebelum acara buat tes suara, video dan menanti datangnya teman-teman.

Nongkrong di warung khas Aceh sederhana dengan meja panjang dan kursi panjangnya, Farissa nggak sendiri, ada sekitar 25 orang di warung. Wahhhh, nggak heran kalau rameeee bingit! Aku ingat juga kalimat almarhum mas Diaz yang pernah menceritakan keindahan Aceh, tempat ia mengabdi sebagai ASN, "Masalah apapun bisa diselesaikan di warung kopi." Bener banget, deh. Di setiap warung kopi Aceh, ada internet wifiinya. Gratisss!!!

Satu-persatu peserta hadir. Acarapun segera dimulai. 

Peserta hanya lima tapi penuh  makna (dok.Gana)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline