era 4.0 bahkan 5.0 di negara lain, digitalisasi sangat berpengaruh terhadap kelangsungan pemasaran dan sebagai methode efektif dalam melakukan berbagai pemasaran seperti perluasan segmentasi, pelanggan, eganggement dan sebagainya serta pengenalan brand perintis (bisnis startup) yang tengah booming diindonesia. teruntuk pebisnis lama, pembaharuan pe,asaran sangat dibutuhkan karena perubahan zaman yang begitu cepat dan sulit di antisipasi. untuk itu methode harus diubah untuk keberlangsungan bisnis.
salah satu cara untuk mengubah methode bisnis dan meningkatkan brand awarnmess adalah dengan memperbaharui digital. oermainan digital telah lama digunakan dengan cara nya yang sesuai zaman. mungkin cara-cara digital zaman dahulu terkesan kuno dan basi, kini ada banyak cara untuk meningkatkan brand awarness khsusnya untuk UMKM pada skala perintis ( startup) dengan memaksimalkan sosial media, web dan penggunaan keyword yang tepat akan memberikan hasil maksimal dan menekan biaya pemasaran bagi pernistis mengingat perintis harus hati-hati dalam melakukan keputusan guna meringankan anggaran di masa depat
salah satu cara memaksimalkan hal itu melalui sertifikasi digital marketing. sertifikasi marketing bukan hanya digunakan untuk kelulusan dan pengakuan sebagai "marketer" yang ahli dalam digital ini, tetapi ilmu dan tips-tips yang dipelajari dapat memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan trafick, engaggement dan perkenalan produk dalam lingkup yang lebih spesifik dan sesuai pasarnya
lalu apa saja yang didapatkan dari sertifikasi ?
1. Deskripsi tentang bisnis dan optimasinya dalam digital marketing
dalam proses pembelajaran sertifikasi terdapat materi-materi yang akan mempelajari tentang deskripsi bisnis dan bagaimana membuat proposal bisnis yang sesuai dengan model yang kita gunakan kedepan karena jenis bisnis yang kita pelajari akan berpengaru terhadap cara yang kita gunakan dan berdampak pada hasil. setelah itu dalam sertifikasi bisnios diajarkan bagaimana meningkatkan eksistensi bisnis khususnya perintis seperti penegnalan tentang model segmentasi, pendaftaran google my bussines, optimasi keyword dengan menggunakan google console atau melalui analisa io, Optimasi SEO melalui web atau membuat artikel yang dapat kita masukkan keyword guna terbaca oleh AI dari google
2. penggunaan sosial media
setiap orang pasti memiliki sosial madia, namun pernahkan kamu terlintas bahwa sosial media dapat saling terhubung dan memengaruhi? tentu bisa. banyak perintis yang memulai dari sosial media dengan eganggement tinggi seperti instagram. mereka akan mengeksplorasi secara spesifik dan mengaitkan berbagai link yang dapat memperlihatkan produknya atau menyambungkan dalam pemesanan dan web dengan spesifikasi produk lebuh beragam. optimasi sosial media ini yang jarang di lihat oleh berbagai perintis. hal sederhana seperti open Q&A, Live produk, menyambungkan pada Facebook, linkdn, Tiktok dll atau postingan dengan kata kunci yang konsisten sebenarnya dapat menambah cakupan bisnis dan meninngkatkan peluang agar konten yang kita buat dapat masuk kedalam beranda dengan potensi view dan like yang besar. maka dalam sertifikasi ini akan di ajarkan lebih mendalam cara mengefektifkan konten yang kita buat, penggunaan kata kunci yang tepat dan sesuai kebutuhan, bagaimana menghubungkan antar aplikasi sosmed yang dapat saling memengaruhi dan masuk ke pemesanan dan jangan lupa membuat konten menarik juga diajarkan dengan seksama
3. menjadi pemenang dalam ketatnya pasar.
dalam sertfikasi digital marketing, bukan hanya mempelajari tentang bagaimana pelangggan dapat melihat, tetapi interaksi dan bagaimana pelanggan dapat terhubung juga dipelajari dengan aplikasi pemasar seperti online shop atau wa bussines yang mempermudah pelanggan dalam interaksi lebih lanjut dalam keinginan dan akhirnya aksi seperti bertanya tentang produk dan akhirnya kesepakatan dalam membeli. sebelumnya kita diajarkan tentang 2 type konten yang pertama hard selling/ selling attack dan soft selling. soft selling ini yang jarang orang tau bahwa tentang kebutuhan dan bagaimana hubungan antara pembeli dan pelanggan lebih berpengaruh daripada orientasi pada produk saja. maka kita bandingkan antara brand dengan konten produk saja dengan brand yang memberikan learning yang dibutuhkan pada pelanggan seperti tutor menggunakan hijab simple atau hadia terbaik dengan gaya elegant maka pelanggan lebih awaree brand ke dua ini. maka melalui sertifrikasi digital marketing bukan hanya pembeli dengan produk saja, tetapi kita akan membangun hubungan emosional antara pelannggan dan pembeli lebih terselubung.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H