Lihat ke Halaman Asli

Bingung Pilih yang Mana, Rekomendasi Lembaga Tahfizh Non Formal di Bandung

Diperbarui: 22 Agustus 2022   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menghafal Al - Qur'an merupakan salah satu ibadah yang tidak hanya berdampak positif bagi individu yang melakukannya tetapi juga kepada orang sekitar khusunya orang tua. Maka, menghafal Al -- Qur'an merupakan suatu kesempatan emas bagi kita umat muslim di dunia.

Dengan perkembangan zaman bukan hal yang sulit lagi untuk mencari lembaga yang menyediakan fasilitas bagi orang yang ingin menghafal Al -- Qur'an. Melalui internet dan media sosial sudah banyak tersedia informasi mengenai Lembaga Tahfizh Qur'an secara formal maupun non formal.

Berikut beberapa rekomendasi Lembaga Tahfizh non formal di Bandung secara online maupun offline yang dapat dijadikan referensi sebagai tempat menghafal Al -- Qur'an:

Program Offline

1. Hafizh Qur'an Indonesia

Yang pertama adalah Hafizh Qur'an Indonesia (HAQIN) merupakan salah satu Lembaga Tahfizh Qur'an terbaik di Bandung. Dan per tanggal 25 Oktober 2021 telah mendapatkan izin dari Kementrian Agama Republik Indonesia melalui Kantor Kemenag Kota Bandung yaitu sebagai Lembaga Pendidikan Al- Qur'an (LPQ) dengan nama RTQ Hafizh Qur'an Indonesia. Dan berada di bawah naungan Yayasan Satria Muda Pasla (YSMP) yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan pendidikan. Dengan tujuan menjadi yayasan berkualitas & profesional dalam Bidang keagamaan, sosial & kemanusiaan dengan standart internasional untuk pembentukan Insan berkarakter unggul yang dicintai Allah Swt, dan  Rasulullah Saw.

Hafizh Qur'an Indonesia memiliki beberapa program diantaranya:

  • Karantina Tahfizh
  • Karantina Tahfizh adalah program menghafal Al-Qur'an yang dilaksanakan secara langsung tatap muka bersama para Musyrif/Musyrifahnya, dimana seluruh santri akan ditempatkan di suatu asrama untuk fokus menghafal Al-Qur'an 30 Juz dalam kurun waktu selama 6 bulan. Selain itu, para santri berada dalam pengawasan sangat ketat KBMnya, disiplin dan teratur dalam hal kebersihan serta kesehatan.
  • Program ini dilaksanakan secara bertahaf, 1 bulan pertama fase Tilawah, dimana santri Tilawah sebanyak 5 Juz/hari yang sudah di Talqqikan, juga ditunjang dengan memperdalam Ilmu Tajwid, secara teori maupun praktik, perbaikan bacaan, kajian At-Tibyan, setoran hafalan, Tasmi' pekanan juga pengawalan Yaumiyyahnya.
  • Kemudian masuk pada fase Ziyadah hingga selesai menyetorkan 30 Juz Al-Qur'an, kemudian fase Murajaah (penguatan hafalan).
  • Diluar dari itu semua, lembaga juga menekankan kepada setiap santri untuk bisa mentasmi'kan hafalan sebanyak 10 Juz sekali duduk  sebagai pegangan hafalan santri.
  • Dengan Investasi Program:
  • *Pendaftaran         : Rp. 100.000,-
  • * Biaya Masuk      : Rp. 4.800.000,-
  • * SPP Bulanan      : Rp. 1.800.000,-
  • *(Program Non Beasiswa)

Sumber: https://www.haqin.id/

2. Rumah Qur'an Indonesia (RQI)

Selanjutnya ada Rumah Qur'an Indonesia (RQI), pada awalnya merupakan Ash-Shaff Education sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat yang berdiri sejak tahun 2006, merupakan lembaga Al-Qur'an yang bergerak dalam lingkup pendidikan dan pengajaran Al-Qur'an, sosial, dan dakwah. Berdasarkan pemaparan di atas, Rumah Qur'an Indonesia tergerak untuk mendirikan sebuah tempat pembinaan bagi calon-calon generasi Qur'ani guna mewujudkan cita-cita tersebut. Alhamdulillah tempat itu kini telah terwujud pada tahun 2014 dengan nama Rumah Qur'an Indonesia (RQI). Dengan tujuan untuk menjadi pusat Lembaga Al Qur'an yang kokoh, professional dan mandiri.

Karantina Tahfidz Al Qur'an (KTA) ini menyelenggarakan beberapa program, diantaranya program 6 bulan, 3 bulan, 2 bulan, dan 1 bulan. Ada juga program Karantina Tahfizh Al Qur'an dalam waktu singkat, diantaranya program 20 hari, 10 hari, 6 hari, dan 3 hari. Terdapat juga Program Rumah Tahsin Tahfizh dengan disediakan beberapa kelas diantaranya adalah:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline