Lihat ke Halaman Asli

Gadis Kusuma Astuti

IPB UNIVERSITY

Pendidikan di Indonesia Masih Perlu Perbaikan

Diperbarui: 4 Desember 2023   15:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan belajar mengajar di salah satu SMAN Kota Depok 

Pendidikan


      Pendidikan adalah suatu proses mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk masa yang akan datang. Pendidikan memiliki peran penting karena tidak hanya berfokus pada pengetahuan akademis saja, tetapi juga mencakup aspek-aspek pengembangan seperti karakter dan etika. Pendidikan di Indonesia telah mengalami sejumlah kemajuan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi masih saja terdapat sejumlah tantangan yang perlu diatasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Pada opini ini kita akan membahas bagaimana fakta pendidikan yang ada di Indonesia dan bagaimana kita mencari jalan keluarnya?

Tantangan Pendidikan di Indonesia


      Permasalahan utama dalam sistem pendidikan di Indonesia adalah ketidaksetaraan akses pendidikan. Adanya upaya untuk meningkatkan akses pendidikan bagi semua lapisan masyarakat, namun masih terdapat kesenjangan kualitas pendidikan antara daerah perkotaan dan daerah pedesaan. Beberapa daerah di Indonesia masih menghadapi keterbatasan infrastruktur pembangunan, seperti kurangnya gedung sekolah, Sumber Daya Manusia, fasilitas sekolah dan pendukung lainnya. Perlu adanya langkah maju untuk meratakan akses pembanguan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

      Kualitas pendidikan juga menjadi perhatian utama meskipun telah dilakukan perbaikan. Masih saja terdapat kritik terhadap kurikulum dan metode pengajaran yang dianggap belum sepenuhnya relevan.  Perlu adanya peninjauan kembali terhadap kurikulum dan metode pengajaran agar lebih sesuai dengan perkembangan zaman. Sistem evaluasi juga kurang akurat yang menyebabkan para siswa tidak mendapat perolehan nilai yang tidak tepat yang berujung mengambat kemampuan mereka.

Cara meningkatkan sistem Pendidikan di Indonesia

      Cara untuk meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia yang pertama adalah pemerataan pembangunan sekolah. Pemerintah memiliki peran penting yaitu memperluas jangkauan pembangunan terutama pada daerah-daerah terpencil. Menyediakan fasilitas pendidikan yang baik untuk proses belajar mengajar demi mengembangkan program-program pendidikan lainnya. Langkah ini bukan hanya sekadar perbaikan fisik, tetapi juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, memotivasi siswa dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan.

      Kedua, peningkatan kesejahteraan guru. Guru memegang peranan penting dalam mencetak generasi penerus bangsa, namun masih saja terdapat masalah terkait dengan upah, pelatihan dan pengembangan profesionalisme guru. Meningkatkan kesejahteraan guru akan memberikan dampak positif terhadap kualitas pengajaran yang diberikan kepada siswa. Guru yang merasa dihargai, didukung dan memiliki kesejahteraan yang baik, cenderung memberikan kontribusi lebih besar terhadap pendidikan siswa.

      Ketiga, pemerintah harus memberikan anggaran yang cukup baik untuk pendidikan atau program beasiswa, karena membantu siswa yang kurang mampu. Program beasiswa ini dapat membantu mengurangi angka putus sekolah karena memberikan dukungan finansial kepada mereka. Pendidikan juga dapat dilihat sebagai investasi jangka panjang bagi negara. Sumber Daya Manusia yang diinvestasikan pada pendidikan, memberikan hasil berupa imbal balik dalam bentuk  ekonomi, kesejahteraan sosial dan politik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline