Lihat ke Halaman Asli

Focusinbusiness

@focusinbusiness

DNR Kerja Sama dengan Sido Muncul?

Diperbarui: 7 Juni 2021   18:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Komitmen Rudy Tanoesoedibjo dalam memenuhi rantai pasokan kebutuhan masyarakat melalui PT Dos Ni Roha (DNR) miliknya semakin menguat setiap harinya. DNR Corporation yang terus berkembang sejak didirikan pada tahun 1963 ini merupakan perusahaan yang mempunyai nama besar, terutama di bawah kepemimpinann Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo atau yang seringkali dikenal sebagai Rudy Tanoesoedibjo. Perusahaan ini mempunyai infrastruktur yang menunjuang perkembangan pesatnya. Saat ini bisnis DNR Corporation telah merambah ke berbagai bidang, termasuk di dalamnya yaitu bidang IT, pengiriman barang, logistik pihak ketiga, pemenuhan e-commerce, dan solusi last mile. DNR Corporation baru saja membuktikan komitmennya untuk masyarakat Indonesia melalui kerjamasamanya dengan Sido Muncul.

Distribusi Produk Sido Muncul untuk Kebutuhan Masyarakat Indonesia

Di masa pandemi virus Covid-19, kesehatan tentunya menjadi hal yang vital bagi masyarakat Indonesia. Produk Sido Muncul yang mengandung bahan alami dan bermanfaat bagi kesehatan menjadi jenis produk yang dicari. Oleh karena itu, DNR Corporation ikut serta bertanggungjawab dalam pendistribusian produk-produk unggulan PT Jamu dan Farmasi Sido Muncu,  Tbk yang tertuang dalam perjanjian kerjasama distribusi antara DNR Corporation melalui DNR Distribution. Perjanjian tersebut ditandatangani sejak Februari 2021 lalu.

Perjanjian kerjasama antara DNR Corporation dengan Sido Muncul mengikat peran perusahaan integrated end-to-end supply chain solution unggul ini untuk menggunakan infrastruktur yang telah terintegrasi di 32 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Aceh sampai Merauke. Sesuai yang telah dikemukakan oleh Chief Operational Officer (COO) DNR Budi Yanto, distribusi oleh DNR Distribution memiliki cakupan wilayah pendistribusian di 463 kota dan kurang lebih 103 ribu outlet untuk menyebarkan produk-produk unggulan Sido Muncul di pasar ekonomi Indonesia.

Komitmen DNR Corporation sebagai Penyedia Solusi Rantai Pasok yang Unggul

Kerjasama antara DNR Corporation dengan Sido Muncul akan menjadibentuk sinergi yang kuat. Elemen-elemen distribusi yang unggul, dari kedua belah pihak, seperti retail distribution channel baik online maupun offline yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia, cakupan gerai tradisional ataupun modern, serta dengan 100 ribu lebih jaringan outlet yang dapat dijangkau, diyakini mampu memberikan ketepatan mendistribusikan dan memasarkan produk-produk unggulan Sido Muncul. DNR Corporation sendiri telah berevolusi menjadi penyedia solusi rantai pasokan integrated end-to-end pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan keunggulan yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Di bawah kepemimpinan Rudy Tanoesoedibjo yang handal, DNR Corporation telah memudahkan ritel offline dan online di antara basis pelanggan dinamisnya.

Oleh karena itu, keputusan kerjasama ini menjadi kesempatan bagi DNR Corporation untuk menunjukkan komitmennya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Kesiapan DNR Corporation didukung oleh integrated logistics dan information technology system yang memberikan sarana bagi perusahaan untuk melayani kebutuhan masyarakat dari sisi distribusi dari hulu ke hilir, serta melayani penjualan ritel secara offline dan online dengan baik. DNR Corporation diharapkan dapat terus melayani dan menjadi One Stop Solutions yang memenuhi rantai pasok secara cepat, lengkap, fleksibel, serta modern di dalam suatu platform digital. Selain itu, momen kerjasama ini dapat menjadi nilai tambah perusahaan yang sedang menjalani proses akuisisi oleh PT Zebra Nusantara, Tbk (ZBRA).

Lini bisnis DNR Corporation akan dijalankan juga oleh perseroan ZBRA yang berdiri sebagai perusahaan holding uang yang 77,7 persen sahamnya digenggam PT Trinity Healthcare (THC),  perusahaan ekspor impor produk farmasi milik Rudy Tanoesoedibjo. Saat ini ZBRA sedang melakukan proses rights issue yaitu perseroan akan meminta restu pemegang saham untuk menambah modal melalui skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) II sebesar 400 persen dari jumlah saham sebelum pelaksanaan PMHMETD II. PT Zebra Nusantara, Tbk akan mengakuisisi 99% saham DNR senilai Rp 1,08 triliun. Akuisisi DNR Corporation oleh ZBRA merupakan usaha Rudy Tanoesoedibjo dalam melakukan diversifikasi bidang usaha dan menkonsolidasikan sinergi ZBRA dan DNR melalui perkembangannya dalam sektor distribusi rantai pasok dari hulu hingga ke hilir, maupun non distribusi, seperti logistik dan teknologi informasi yang berada di bawah perusahaan tersebut. Perusahaan sukses DNR Corporation memiliki kinerja yang cukup maksimal sehingga baru-baru ini menargetkan laba sekitar 20 hingga 30 persen untuk tahun 2021.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline