Lihat ke Halaman Asli

Herawati Suryanegara

Penyuka Langit, penyuka senja.

Negara Memang Memaksa

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dalam ilmu politik, dikatakan bahwa negara adalah suatu organisasi yang berbeda dengan organisasi lainnya yang berada di tengah-tengah masyarakat. Hal yang paling kentara dan menjadi pembeda  adalah bahwa  negara berhak untuk memaksa. Karena kita adalah negara hukum, maka negara berhak memaksa rakyatnya juga aparatur negara untuk patuh dan taat. Patuh dan taat terhadap konstitusi dan perundang-undangan yang ditetapkan oleh negara itu sendiri. Oleh karena itu negara memiliki alat-alat pemaksa, seperti Polisi  dan TNI. Dengan demikian posisi negara adalah kuat.

Keberhasilan  negara dalam hal ini pemerintah, tampak dalam  memaksakan kepada rakyat untuk mematuhi dan menerima ketetapan kenaikan BBM. Sehingga rakyat yang berdemo berhasil ditumpas  oleh alat-alat pemaksa negara tersebut. Itu bukti negara memang berhak memaksa warga negaranya untuk taat.

Negara wajib menjaga kehormatannya dengan memegang teguh konstitusi dan Undang-undang. Tidak baik bagi negara, membiarkan terjadi pelecehan-pelecehan atas kekuasaannya. Kita mempelajari mengapa gejala pelecehan terhadap negara dan konstitusi akhir-akhir ini terus terjadi..? selasai dengan DPR tandingan sekarang ada gubernur tandingan. Siapa yang salah?

Persepsi masyarakat yang begitu mudahnya mengadakan tandingan ini dan itu, dipicu oleh penanganan pemerintah saat adanya DPR tandingan yang keberadaannya ditoleri begitu saja dan  tidak dianggap sebagai suatu pelanggaran konstitusi tetapi diterima  sebagai suatu kewajaran. Saya kira disinilah muasalnya muncul Gubernur tandingan yang juga ingin dianggap sebagai suatu kewajaran.

Andai saja dari awal pemerintah mampu dengan tegas menolak dan menyatakan dengan tegas bahwa DPR tandingan atau apapunlah yang mencoba-coba berbuat tandingan terhadap lembaga atau jabatan yang jelas sudah diatur konstitusi  sebagai hal yang inkonstitusional dan wajib mendapatkan sanksi maka  itu akan menjadi pendidikan politik yang baik bagi masyarakat di awal masa pemerintahan yang baru ini. Sayangnya itu tidak terjadi dan akhirnya senjata makan tuan. Semoga kedepan pemerintah lebih tegas dalam memegang amanah konstitusi dan menjalankan konstitusi sesuai dengan konstitusi itu sendiri. Amiiin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline