Lihat ke Halaman Asli

Manajemen Sekretaris

Diperbarui: 18 Juni 2015   07:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

140470030671648394

sampaikanlah jika itu baik :)

Di saat mendengar kata sekretaris, dalam benak banyak orang akan terbayang sosok wanita cantik, rapi lengkap dengan highheels-nya. Demikianlah yang sering ditampilkan oleh media (televisi) dalam menggambarkan sekretaris. Namun tidak sesimpel itu untuk menjadi sekretaris, seoarng sekretaris  memiliki tugas yang besar dan bertanggung jawab langsung pada atasan perusahaan (ex:direktur). Seorang sekretaris harus memiliki motivasi kerja yang tinggi, karena tidak sedikit tekanan yang akan dihadapi disaat bekerja. Sekretaris harus memiliki kemampuan komunikasi, pengaturan (manajemen), ketelitian serta negosiasi yang baik.

[caption id="attachment_346679" align="aligncenter" width="347" caption="Sekretaris dan Komunikasi "][/caption]

Pengertian Sekretaris:

  • Sekretaris Organisasi

Kedudukan sekretaris organisasi adalah menjadi Kepala Sekretariat, yang berfungsi untuk menangani informasi untuk kepentingan seluruh organisasi. Seorang sekretaris organisasi memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi, mengingat efektivitas penyediaan informasi- tangggung jwaab sekreatriat.

  • Sekretaris Pimpinan

Kedudukannya adalah sebagai staf langsung yang bertanggung jawaab denbgan pimpinan suatu perusahaan. Ia harus membantu sorang bahkan beberapa orang pimpinan dan dapat dibedakan dengan tingkat kemampuanya.

  • Sekretaris Pribadi

Sebagai seorang sekretaris pribadi ia harus membantu tugas kesekretariatan untuk perorangan. status nya sebagai pegawau perorangan diangkat dan diberhenrikan oleh perorangan. Fungsi Sekretaris: 1. Meringankan tugas pemimpin 2. Menangani informasi untuk pemimpin 3. Menjadi Penghubung Sekretaris sangat diperlukan dan berperan penting dalam mebantu dan menunjang pimpinan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tujuan (visi/misi perusahaan) terutama dalam kegiatan berikut ini: 1.Korespondensi (surat menyurat); 2. Penjadwalan kerja atasan; 3. Dokumentasi data/kegiatan; 4. Persiapan dan mengelola rapat dll. Untuk menajdi sekretaris ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  • Syarat kepribadian (seorang sekretaris harus memiliki kepribadian yang baik)

1. memiliki loyalitas yang tinggi 2. memiliki ketekunan dan kerajinan 3. sabar 4. kerapian 5. dapat menyimpan rahasia (keep a secret)

  • Syarat pengetahuan umum( hal yang berkaitan untuk menambah wawasan sekretaris)
  • Syarat pengetahuan khusus

1. Pengetahuan yang berhubungan dengan profesi sekretaris sehinga tidak mengalami kesulitan dan hambatan 2. Pengetahuan yang bersifat bisnis perusahaan

  • Syarat ketreampilan (keterampilan komputer dll)

1. Kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa asing 2. Penguasaan teknologi 3. Keterampilan mengelola sumber daya manusia 4. Penguasaan komputer 5. Pengelolaan keuangan 6. Kemampuan memecahkan masalah (problem solver)

  • Syarat praktek

Mampu mempraktekkan semua tugas dan syarat-syarat sebagai sekretaris

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline