Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Keunikan Proposisi Penjualan (Unique Selling Proposition)

Diperbarui: 18 Juni 2015   03:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

man-crates

Untuk sukses dalam memasarkan produk harus memiliki cara jual yang unik atau yang biasa disebut dengan unique selling proposition (USP). Dengan memiliki USP ini setiap produk akan memiliki perbedaan dan keistimewaan tersendiri. Hal tersebut sering kali diabaikan akan tetapi sangat penting untuk menciptakan produk ideal yang dicintai oleh pelanggan. USP yang kuat dan bagus akan mempertahankan produk anda tetap berdiri menjadi pesaing yang aktif  untuk menyediakan produk yang ideal di mata pelanggan. USP ini sendiri terdiri dari tiga unsur utama yaitu: 1. Unique, karakteristik produk yang membuat setiap produk anda menjadi berbeda dan istimewa 2. Selling, bagaimana menarik atau membujuk masyarakat untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan. 3. Proposition, proposal, saran atau usul untuk diterima. Mengapa setiap bisnis atau produk harus memiliki USP? Sebagaimana yang biasa dialami oleh calon pelanggan bahwa mereka sering kali kesulitan dalam memilih produk yang dapat dipercaya. Pemilihan ini menjadi sebuah ketakutan bagi calon pelanggan yang tidak memiliki pengalaman dan tidak mengetahui perbedaan antara produk yang satu dengan yang lainnya. Hal demikianlah yang mendorong anda sebagai marketer untuk memberikan proposisi penjualan yang unik (USP), sehingga calon pelanggan dapat melihat bahwa produk yang anda tawarkan tersebut benar-benar berbeda, istimewa dan mengesankan. Seperti yang disampaikan oleh Prof. Theodore Levitt ” Differentiation is one of the most important strategic and tactical activities in which companies must constantly engage.” “perbedaan adalah strategi dan taktis yang sangat penting agar produk tetap bertahan dan terus menerus bertahan di tengah persaingan pasar” Berikut beberapa cara  bagaimana  membangun USP  suatu produk: 1. Tempatkan diri anda sebagai pelanggan, dengan hal ini maka produsen akan mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan. Misalnya jika anda ingin membuka sebuah café, tidak hanya makanan yang pelanggan butuhkan. Anda harus mencari tahu apa yang dapat membuat pelanggan kembali lagi serta mengabaikan pesaing anda. Anda harus menjawab semua kebutuhan pelangggan seperti kualitas, kuantitas, keramahan, kebersihan, kesopanan dan keandalan. 2. Harga bukan lah satu-satunya alasan untuk memilih suatu produk. Mungkin saja banyak pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang lebih menarik disbanding harga yang nda tawarkan. Oleh karena itu anda sebagai pesaing harus mengetahui motivasi lain yang mendorong pelangan untuk memutuskan memilih suatu produk. Anda harus mengetahui bebrapa motif pelanggan membeli makanan disebuah café, contohnya, jenis rasa makanan, ras, usia, jenis kelamin, lokasi geografis, tekanan teman sebaya, kenyamanan dll. 3. Jika anda ingin menjual produk kosmetik, yang paling ditekankan disini adalah memberikan promosi yang berorientasi pada psikologis pelanggan. Mereka akanmembeli produk yang dapat memenuhi keinginan bukan semata-mata kebutuhan mereka seperti untuk awet muda, mencerah wajah, glamor dan mewah. Belajar dari pengalaman adalah yang sangat baik, dan meminimalisir resiko untuk gagal. 1. Man crates Man crate ini took online yang menjual hadiah khusus untuk pria dengan kemasan yg unik. Setiap hadiah akan dikemas didalam peti kayu yang akan dibuka dengan linggis. Seperti yang tertera di websitenya mereka

We say 'no' to ugly neckties, cologne samplers and executive trinkets. We don't save wrapping paper, we don't do ribbons. We ship bragworthy gifts for guys. Gifts that you can't wait to arrive because you know the recipient will love opening them. Gifts that people gather round at the office, people following the sounds of wood being torn from wood by the included, laser-engraved crowbar. We are Man Crates, and we deliver awesome gifts for men.

2. Everlane Apparel

everlane

Everlane ini mempromosikan budaya uni mereka yaitu transparansi radikal dengan slogan ““Know your factories. Know your costs. Always ask why.” Everlane berusaha mendapat pabrik yang terbaik di dunia, pabrik yang mengahsil produk-produk dari designeer ternama, serta mereka berusaha membangun hubungan yang sangat personal. Everlane sangat transparansi khususnya biaya produksi yang dapat diketahui oleh pelanggan serta berapa markup yang mereka lakukan. Always ask why, everlane selalu menerima pertanyaan dan keinginan pelanggan, hal tersebut membuat mereka semakin tertantang untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan. 3. Ellusionist

ellusionist

Ellusionist ini adalah perusahaan yang menjual playing card dengan kemasan yang sangat unik. Karena menurut mereka, suatu dosa besar jika menjual produk yang mana produk tersebut bisa ditemukan disetiap toko. Maka dari itu Ellisonist selalu menawarkan kartu remi dengan kemasan yang tidak bisa ditemukan di toko mana pun. Ini adalah tentang jualan Menciptakan suatu proposisi penjualan yang unik merupakan suatu bentuk perbedaan yang harus dibangun untuk menjual lebih banyak barang dan jasa. Namun hal ini bukan hanya untuk membangun keistimewaan dan perbedaan suatu produk namun harus menarik banyak pelanggan baru. Setiap produk yang diiklankan harus memiliki proposi yang dapat dipercaya oleh konsumen bukan hanya sebatas kata-kata.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline