Lihat ke Halaman Asli

Gabriella Christy Regina

Mahasiswa Psikologi Universitas Sebelas Maret

Press Release MBKM Riset: Kolaborasi Mahasiswa Prodi Psikologi UNS x Batik Danar Hadi Surakarta

Diperbarui: 11 Desember 2023   07:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa S1 Prodi Psikologi yang mengikuti kegiatan KKN MBKM Riset 2023 dibawah bimbingan Ibu Rafika Nur Kusumawati S.Psi., MA. (Dok Pribadi)

Surakarta, 17 Oktober 2023 - MBKM Riset Psikologi UNS. Program KKN MBKM Riset yang diadakan oleh Fakultas Psikologi UNS merupakan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis bagi mahasiswa dengan passion sebagai peneliti dapat diwujudkan melalui kegiatan yang fokus pada pemahaman mendalam dan penerapan metode riset. Program ini sangat penting untuk memperkuat kemampuan riset dalam berbagai bidang ilmu di pendidikan tinggi. Mahasiswa Psikologi UNS angkatan 2020 mengadakan MBKM Riset dengan menyelenggarakan program pelatihan karyawan melalui media Hero Model untuk peningkatan quality of work life Karyawan Batik Danar Hadi Surakarta

Dalam Dunia Kerja yang kompetitif dan penuh perkembangan, karyawan sebagai aset perusahaan seringkali berhadapan dengan kondisi lingkungan yang tidak menyenangkan. Hal ini berpotensi menjadi tantangan tersendiri bagi karyawan dan perusahaan. Beberapa contoh dari perilaku destruktif tersebut adalah pelecehan, intimidasi dan sikap yang tidak etis merupakan beberapa contoh bentuk dari toxic work environment dalam lingkungan kerja.

Keadaan yang dikenal sebagai toxic work environment ini berpotensi mempengaruhi quality of work life seorang karyawan, karena untuk memiliki kualitas dan keseimbangan kerja yang baik, seorang karyawan perlu berada dalam kondisi lingkungan kerja yang sehat. Penelitian yang dilakukan 301 pekerja di Cina, dikutip dari International Journal of Environmental Research and Public Health tahun 2021 menyebutkan bahwa Perasaan yang muncul dalam toxic work environment, seperti pelecehan, intimidasi, dan pengucilan, dapat merugikan dan menyebabkan stres, kelelahan, depresi, dan kecemasan yang tidak perlu di kalangan pekerja.

            Fenomena ini melatarbelakangi tim peneliti dari Universitas Sebelas Maret Prodi Psikologi untuk melaksanakan program KKN MBKM Riset di Batik Danar Hadi Surakarta. Dengan adanya fenomena toxic work environment yang terjadi di lingkungan kerja, diperlukan adanya terobosan berupa pelatihan mengenai topik toxic work environment dan quality of work life. Selain fenomena tersebut, pelatihan yang diberikan oleh perusahaan mengenai topik ini hanya diberikan pada Staff SPG, maka dari itu mahasiswa merancang pelatihan HERO Model bagi seluruh karyawan.

            Pelatihan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN MBKM Riset memiliki judul Peran HERO Model terhadap peningkatan quality of work life Karyawan Batik Danar Hadi Surakarta. Adapun tujuan dari pelatihan yang diselenggarakan adalah untuk memperdalam insight mengenai insight mendalam mengenai Peran HERO Model terhadap Peningkatan quality of work life pada diri karyawan.

              Pemberian materi pelatihan dilakukan dalam durasi 3 hari, dimana tim peneliti memberi kuisioner seputar topik yang akan dibahas, dilanjutkan dengan ice breaking untuk mengembalikan kondisi tubuh dan menambah semangat, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Kegiatan KKN MBKM Riset 2023 dibawah bimbingan Ibu Rafika Nur Kusumawati S.Psi., MA. (Dok Pribadi)

HERO Model yang menjadi media peningkatan quality of work life berdasar pada teori psikologi kapital yang dicetuskan oleh Luthans dkk. (2007), yakni psychological capital memiliki empat aspek utama yang dikenal dengan HERO, yaitu hope, self-efficacy, resilience, dan optimism. Secara singkat, hope merupakan tekad dalam menuju tujuan untuk keberhasilan, self-efficacy merupakan keyakinan seseorang tentang kemampuannya untuk mengerahkan motivasinya, kemampuan kognitif, serta tindakan yang diperlukan untuk melakukan tugas tertentu dengan sukses, resilience merupakan tindakan mengubah kondisi kehidupan yang menyengsarakan menjadi suatu hal yang wajar untuk diatasi, dan optimism didefinisikan sebagai kecenderungan untuk mengharapkan hasil yang menguntungkan atau sebuah keinginan akan tindakan yang positif tentang keberhasilan saat ini dan masa yang akan datang.

Terdapat 3 mahasiswa S1 Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret yang melaksanakan program ini dibimbing oleh Ibu Rafika Nur Kusumawati S.Psi., MA. sebagai dosen pembimbing. Bekerja sama dengan Batik Danar Hadi Surakarta, kegiatan ini didukung penuh.

Selain melakukan kegiatan riset, mahasiswa juga diberi pembekalan mengenai budaya perusahaan, waktu observasi lapangan dan bimbingan dari HRD Batik Danar Hadi Surakarta.

Pada akhirnya, program ini selain mendorong keberjalanan riset juga mempersiapkan mahasiswa menjadi calon-calon peneliti yang handal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline