Lihat ke Halaman Asli

Gabriella Christy Regina

Mahasiswa Psikologi Universitas Sebelas Maret

TikTok Shop, e-Commerce yang Sedang Naik Daun

Diperbarui: 17 September 2023   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi berjualan di TikTok Shop melaui fitur Live Shopping. (SHUTTERSTOCK/CHAY_TEE via kompas.com)

Tiktok merupakan aplikasi media sosial yang sedang populer dan diminati oleh mayoritas kalangan masyarakat, salah satu alasannya adalah Tiktok memungkinkan semua penggunanya untuk menjadi kreator karena kemudahan penggunaan fitur yang disediakan. 

Dapat dikatakan, fitur- fitur yang dimiliki tiktok sangat menarik dan up to date, tidak jarang banyak tren baru yang bermunculan karena aplikasi yang satu ini. 

Sebagai platform video berdurasi relatif pendek, tiktok memungkinkan penggunanya berkreasi secara bebas sesuai kreativitasnya masing-masing.

Maka dari itu, genre/ jenis video yang dibagikan sangat beragam, bisa berupa life hack, inspirasi fashion, inspirasi tata ruang, resep masakan, konten keseharian atau yang kerap disebut A Day In my life, review segala jenis benda, tutorial make up, cover bernyanyi, video transisi, komedi atau bahkan video dance cover

Karena kemudahan dan fleksibilitasnya inilah, banyak kreator tiktok yang memanfaatkan aplikasi ini sebagai media marketing. Salah satu metode marketing yang dilakukan adalah  endorse produk. 

Video yang disajikan biasanya berupa promosi produk dengan berbagai ciri khas konten dari setiap kreator. Ada yang menyajikannya dengan metode soft selling  dengan menyisipkan produknya pada salah satu kegiatan yang dilakukan sehari-hari namun ada juga yang terang- terangan memberi penjelasan bahwa dirinya sedang di endorse

Selain endorse, ada juga metode  mempromosikan barang yaitu dengan melakukan live tiktok. Tiktok Live merupakan media atau platform dimana kreator dapat berinteraksi secara langsung dengan streamer yang menonton siaran langsung tersebut.

Persamaan dari kedua metode mempromosikan barang di tiktok ini adalah seringkali kreator mencantumkan produk yang sedang dipromosikan tersebut pada fitur bernama keranjang kuning. 

Keranjang kuning merupakan  fitur pada aplikasi Tiktok untuk memasukkan link produk dari Tiktok Shop sehingga bila ada pengguna yang tertarik untuk membeli barang dari konten tersebut, mereka cukup menekan keranjang kuning tersebut untuk membelinya. 

Pada bulan April 2021, aplikasi Tiktok meluncurkan fitur belanja online baru yakni Tiktok Shop. Fitur ini memfasilitasi peluang usaha bagi siapa saja yang ingin berbisnis  online dan tentunya memperluas pasar bisnis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline