Lihat ke Halaman Asli

Gaby Candini

Communication Student at IPB University

Mengenal Horta, Boneka Berambut Rumput yang Imut

Diperbarui: 4 Maret 2020   13:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Gaby Candini -- Boneka Horta, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (04/03/2020)

Ciomas, Bogor- Apa yang muncul dipikiran kita ketika mendengar kata "boneka"? Pasti sebagian besar orang beranggapan bahwa boneka itu lucu, menggemaskan, dan lain-lain. Namun apakah kalian sudah tahu tentang boneka horta?

Boneka horta (holtikultura) adalah boneka yang terbuat dari serbuk kayu dan bahan hidroponik yang dirangkai secara unik untuk media tumbuhnya sebuah tanaman. Pada bagian atas boneka ditanam bibit rumput yang bisa tumbuh hingga 20 cm. Rumput itulah yang disebut sebagai rambut boneka horta. Boneka lucu ini dibuat untuk mengenalkan anak-anak kepada dunia pertanian dengan cara yang menyenangkan. Anak dapat merawat dan mengamati pertumbuhan tanaman sambil bermain. Tidak hanya itu, anak juga bisa memotong rambut horta sesuai selera.

Boneka ini telah diproduksi sejak tahun 2004 oleh seorang mahasiswa Fakultas Agronomi Holtikultura IPB. Saat ini penjualan dan permintaan masyakarat terhadap boneka horta berkembang cukup pesat khususnya di Kampung Horta, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Boneka ini bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp.20.000,-. Bentuk boneka horta sangat bervariasi antara lain, kura-kura, sapi, monyet, atau bahkan orang-orangan. Rumput hijau yang biasanya digunakan untuk rambut boneka horta adalah rumput gandum atau wheatgrass. Berikut tahapan mudah untuk menumbuhkan rumput boneka horta :

  • Buka plastik pembungkus boneka horta. Pasang mata dan flanel sebagai hiasan sesuai selera.
  • Rendam boneka dalam air dengan posisi terbalik selama 1 jam, lalu angkat boneka tersebut.
  • Simpan di tempat dengan suhu normal. Suhu yang tidak terlalu lembab, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Siram secara rutin 2x setiap hari dengan kapasitas air yang cukup.
  • Rambut akan tumbuh setelah 4-7 hari. Jika kurang rapi, potong sebagian rambut horta sesuai selera agar lebih menarik.
  • Untuk menghindari jamur dan lumut yang tumbuh, apabila rambut boneka horta sudah lebih dari 1 minggu, sesekali letakkan boneka di bagian luar sehingga terkena sinar matahari secara langsung.
  • Di dalam boneka horta sudah terdapat pupuk, tetapi alangkah baiknya jika menambahkan sedikit pupuk lagi setelah 1 bulan rumput mulai tumbuh.

Rambut boneka horta dapat tumbuh hingga usia 3 bulan. Rambut boneka ini semakin lama memang akan berubah seperti uban dan berhenti tumbuh. Namun boneka horta akan tetap menarik meskipun rambut sudah beruban dan masih bisa digunakan sebagai hiasan. Boneka horta ini bisa menjadi alternatif baru yang edukatif, kreatif, dan imajinatif. Selamat mencoba!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline