Lihat ke Halaman Asli

Gabriella Calysta

Mahasiswa Universitas Kristen Petra

Charming! Desain Area Servis Kantor di Surabaya

Diperbarui: 7 Januari 2023   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Menurut KBBI, kantor adalah balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan atau disebut juga tempat bekerja. Tugas kantor adalah menyediakan sistem layanan berupa informasi dan penyimpanan. Sebagai kantor yang beroperasi dalam melayani masyarakat, area servis merupakan area yang paling vital pada sebuah kantor yang membawa aktivitas dan rutinitas user dalam kantor menjadi aspek penting dalam proses mendesain area servis di kantor ini.

Dalam mendesain area servis ini, digunakan 5 metode design thinking yang diusulkan oleh Institut Desain Hasso Plattner di Stanford (d.school). Berikut merupakan kelima tahap tersebut:

Sumber: interaction-design.org

  • Emphatize
    Tahap untuk membangun empati dengan mengumpulkan informasi awal dan menguasai pengetahuan melalui studi literatur dan studi referensi dengan perancangan serupa, mengenal user(s) dan kondisi eksisting, mengumpulkan insight mengenai kebutuhan dan keinginan user(s) melalui wawancara, dan melakukan observasi lapangan.
  • Define
    Tahap mengamati dan mengindentifikasi kebutuhan ruang dan kebutuhan pengguna, memunculkan alternatif-alternatif solusi desain dalam perancangan ruang, serta merumuskan masalah.
  •  Ideate
    Tahap untuk melakukan pemetaan ide untuk menentukan ide desain sebagai solusi desain (brainstorming), membuat konsep desain sebagai tahap visualisasi ide, dan mengembangkan ide desain sesuai konsep desain hingga desain final terpilih.
  • Prototype
    Tahap dimana penulis memvisualisasikan ide desain dalam bentuk 3D modeling, gambar kerja, gambar presentasi dan/atau dalam bentuk 3D digital sebagai perwujudan ide desain perancangan.
  • Test
    Tahap dimana penulis melakukan evaluasi bersama pihak lain dengan memperhatikan aspek kesesuaian atau ketepatan sasaran, dalam perancangan.

Melalui artikel ini, akan ada berbagai inspirasi desain ruang-ruang area servis di dalam kantor. Yuk lihat hasil desain area servis dengan nuansa putih, navy, juga hijau yang modern dan welcoming di bawah ini.

Lobby Kantor yang Welcoming

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Pintu dan jendela serupa dengan bentuk lengkungan yang menyambut untuk memberi karakter yang dinamis dan kemegahan. Pada area lobby, pengunjung, tamu, dan karyawan disambut dengan tema ikon Sura bernuansa navy dan abu-abu. Material kayu pada area frontliner digunakan untuk memberi kesan lobby yang lebih hangat dan welcoming. Adanya cermin pada area ini untuk memberi ilusi ruang yang lebih luas.


Ruang Meeting yang Nyaman
 

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Ruang rapat yang didominasi nuansa navy, abu-abu, putih ini digunakan sebagai ruang rapat karyawan dan tamu. Adanya permainan alur pencahayaan dengan dominasi lampu cool white. Ruang ini juga dilengkapi dengan lemari built-in yang mendukung kebutuhan dalam fasilitas penyimpanan.


Indahnya Nostalgia di dalam Galeri Foto

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Area galeri foto didesain dengan dominasi warna cokelat dan aksen kayu yang memberi kenyamanan, kehangatan, dan akan membawa pengunjung bernostalgia didalamnya. Aksen-aksen pada dinding dan plafon memberi kesan ruang galeri yang lebih modern.


Ibadah dengan Suasana Ruang Ayem

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline