Lihat ke Halaman Asli

Pudarnya Bhinneka Tunggal Ika

Diperbarui: 12 Februari 2017   21:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hampir 72 tahun lamanya Indonesia merdeka dengan keberagaman suku bangsa, agama, dan ras yang saling hidup berdampingan. Bhinneka Tunggal Ika telah menjadi semboyan dan pedoman kehidupan masyarakat Indonesia sejak 1945. Namun, kebhinnekaan sedikit demi sedikit luntur karena adanya gejolak politik yang menggunakan keberagaman sebagai salah satu kendaraan untuk menarik simpati sebagian besar masyarakat dan menjatuhkan orang lain.

Ada pihak – pihak yang menggunakan keberagaman dalam panggung perpolitikkan Indonesia, yang dalam hal ini adalah agama. “Jangan pilih pemimpin kafir!”, sudah sangat sering kita dengar di dalam kehidupan politik kita sehari – hari. Bukannya memojokkan suatu pihak, hal tersebut merupakan hak mereka untuk menyampaikan pendapat karena kita tinggal di negara demokrasi. 

Namun janganlah kita menggunakan keberagaman kita untuk hal – hal yang bersifat politik. Sudah seharusnya kita menuju budaya politik modern, dimana kita menjauhkan hal – hal yang mengandung agama, ras, dan etnis untuk hal – hal yang berbau politik di negara kita. Kita seharusnya tidak menggunakan agama atau etnis untuk hal – hal politik, yang dapat merusak indahnya keberagaman/pluralisme di Indonesia, yang dapat merusak indahnya hidup berdampingan tanpa ada rasa dendam, yang sebenarnya datang bukan dari masalah personal dengan orang lain, yang dapat menghancurkan keutuhan NKRI, yang menyebabkan kebencian dimana – mana, yang merusak indahnya keberagaman.

Pluralisme itu indah kawan. Saya adalah seseorang keturunan Tionghoa – Jawa beragama Katolik yang juga berteman dengan orang yang memiliki keturunan Batak, Ambon, dan masih banyak lagi, yang memiliki agama yang juga berbeda dengan saya. Tapi apakah kami saling membenci? Apakah kami memiliki dendam karena kami berbeda agama? TIDAK. Kami hidup saling berdampingan, hidup sebagai seorang teman sejati, hidup sebagai orang yang saling melengkapi kekurangan yang kami miliki masing – masing. Kami tidak mendiskriminasi satu dengan yang lainnya karena agama, ras, atau etnis yang kami miliki. Pluralisme mulai luntur sejak ada pihak – pihak yang mengatas-namakan agama dalam panggung politik. Pluralisme mulai luntur sejak ada pihak – pihak yang TIDAK BERTANGGUNG JAWAB atas kelakuan mereka yang merusak keindahan keberagaman dan pluralisme yang dimiliki Indonesia.

Sebagai seorang warga negara Indonesia, sudah seharusnya kita mengemban nilai – nilai semboyan kita, Bhinneka Tunggal Ika. Kita tidak boleh mudah terhasut oleh provokator yang mencoba untuk merusak indahnya pluralisme di Indonesia. Kita tidak boleh mudah terhasut oleh mereka yang berusaha untuk memecah belah persatuan dan keutuhan NKRI. Marilah sebagai warga negara Indonesia yang cerdas, kita meningkatkan kebhinnekaan kita, kita menghargai seluruh keberagaman dan pluralisme yang kita miliki. Marilah kita berubah untuk membuat Indonesia lebih hebat.

#bersamamerawatperbedaan

#beraniberubah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline