Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Bela Negara di Kehidupan Sehari Hari

Diperbarui: 21 Desember 2023   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kegiatan Bela Negara yang Bisa Dilakukan Sehari Hari

            Bela negara merupakan sebuah istilah yang tidak lagi asing terutama bagi kita para kaum akademisi. Bela negara sendiri biasanya identik dengan kegiatan yang berbau militer seperti kegiatan melatih fisik atau Latihan bersenjata. Memang hal tersebut sudah lama tertanam dalam diri Masyarakat Indonesia akan tetapi sebenarnya kegiatan bela negara bis akita lakukan dalam kehidupan sehari hari tanpa harus mengandung unsur militer.

            Kita pasti sudah tidak asing dengan Pancasila dan UUD 1945 yang sedari kita masih berada dijenjang pendidikan sudah sangat sering kita pelajari terkait makna dan kandungan yang ada didalamnya. Dengan mengamalkan poin poin yang terkandung didalam kedua landasan negara kita tersebut sebenarnya kita sudah termasuk kedalam mengamalkan kegiatan bela negara yang sesungguhnya. Bela negara sendiri merupakan kegiatan Dimana kita melakukannya dengan berlandaskan dan bertujuan untuk kesejahteraan berbangsa dan bernegara supaya persatuan dan kesatuan bisa terus terjaga. Dengan mengamalkan butir butir Pancasila dan UUD juga kita suddah masuk ke kategori membela negara kita ini.

            Mungkin penjelasan diatas masih terkesan kurang related disini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai contoh contoh ringan dari penerapan bela negara dikehidupan sehari hari. Yang pertama yaitu menggunakan hak pilih secara bijak. Pada masa pemilu sekarang ini kita yang sudah memiliki KTP mempunyai hak untuk memilih para calon pemimpin bangsa nantinya, dengan menggunakan hak pilih secara bijak kita sudah berperan untuk membawa Indonesia lebih baik kedepannya. Menjaga lingkungan sekitar. Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keindahan alamnya maka dari itu sebagai warga yang baik dan sebagai bentuk bela negara kita wajib untuk menjaga keasriannya. Yang terakhir yaitu dengan cara menuntut ilmu dengan sungguh sungguh dengan tujuan untuk bisa menerapkan ilmu yang kita dapatkan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih Sejahtera.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline