Lihat ke Halaman Asli

Gabriela Tiwi

Mahasiswa

Praktik Pengalaman Lapangan di SMP Seruni Putih

Diperbarui: 30 Mei 2024   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto 1 Gedung sekolah SMP SERUNI PUTIH PAMULANG (Dokumentasi pribadi)

BERITA ACARA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP SERUNI PUTIH PAMULANG TAHUN AJARAN 2023/2024

 

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diadakan oleh pihak kampus adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa pendidikan ekonomi untuk terjun langsung kelapangan sebagai guru yang profesional dengan menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari di dalam kelas ke dalam situasi dunia nyata. Melalui pengalaman langsung di lapangan, mahasiswa dapat memahami bagaimana konsep-konsep pembelajaran IPS yang diterapkan dalam sekolah. Praktik pengalaman lapangan membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensi serta keterampilan yang diperlukan dalam dunia kerja, seperti kemampuan komunikasi, kerjasama tim, analisis data, pemecahan masalah dan yang paling utama adalah bagaimana mahasiswa dapat mengelola kelas dengan baik serta memahami karakteristik peserta didik secara langsung. Mahasiswa juga akan belajar bagaimana beradaptasi dengan lingkungan kerja yang sesungguhnya dan menghadapi segala tantangan di lingkungan tersebut.

Dengan mengikuti PPL, mahasiswa banyak mendapatkan pengalaman kerja yang sangat berharga di bidang pendidikan. Dimana mereka memiliki kesempatan untuk mengambil peran penting di sekolah yang membantu mereka memahami proses kegiatan belajar mengajar di sektor pendidikan dan melihat bagaimana teori dan praktik mengajar yang diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Selama PPL, mahasiswa dapat membangun jaringan profesional dengan para staff guru yang ahli di bidang pendidikan ekonomi terutama guru pamong. Hal ini dapat memberikan manfaat jangka panjang, dimana seperti mendapatkan kesempatan unutuk menambah relasi untuk mendapatkan rekomendasi kerja, berbagi informasi tentang peluang karier, atau bahkan memperluas  jaringan komunikasi guna menambah wawasan.

Tujuan utama diadakannya kegiatan PPL ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menjadi seorang guru profesional dalam mendidik yang nantinya mempunyai kompetensi berdasarkan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

Di dalam pelaksanaan PPL ini ada beberapa point penting yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi pendidikan ekonomi S1 di universitas Pamulang yang pertama yaitu diadakannya pembekalan yang dimulai dari rangkaian pendaftaran, pembekalan PPL yang dilaksanakan selama 3 hari pada hari Senin, 15 Januari 2024 serta pada hari terakhir Sabtu, 20 Januari 2024 adalah kegiatan pelepasan mahasiswa yang dihadiri oleh bapak Kaprodi Pendidikan Ekonomi Dr. Saiful Anwar, M.Pd serta seluruh bapak ibu dosen program studi Pendidikan Ekonomi.

 

Foto 2 Foto Bersama Kepala Sekolah SMP Seruni Putih dan Guru Pamong  (Dokumentasi pribadi)

Kelompok PPL kami terdiri dari Aviva Hanna Salsabila selaku Koordinator kelompok, Dorsila Siarmasa, Gabriela Maharani Pinkka Ardi Pratiwi, Herlinwati Waruwu dan Susry Y Djabumona. Mulanya kelompok kami berinisiatif untuk mengunjungi sekolah yang memang mendapatkan rekomendasi dari alumni sekolah tersebut yaitu SMP Seruni Putih. Kami menyerahkan surat permohonan melakukan praktik pengalaman lapangan dan disambut baik oleh Ibu Kepala Sekolah SMP Seruni Putih yaitu Ibu Sarah Ginting, S.Si.

Foto 3 Pelepasan Mahasiswa ke Sekolah SMP Seruni Putih(Dokumentasi pribadi)

Setelah meminta izin kepada pihak sekolah terkait PPL lalu kami membuat janji pertemuan antara pihak sekolah dan dosen pembimbing kami yakni Ibu Purwati Yuni Rahayu, S.Pd.,M.Pd. untuk pengantaran secara resmi. Acara pengantaran dihadiri oleh Kepala Sekolah dan beberapa guru serta Staf tata usaha SMP Seruni Putih. Acara berlangsung sangat hangat dan hikmat dan ini merupakan sekian kalinya mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Pamulang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Seruni Putih. Semoga ini akan menjadi hubungan baik bagi Universitas Pamulang dengan SMP Seruni Putih untuk menjalin tali silaturahmi dan kami dapat memberikan kesan yang baik bagi sekolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline