Lihat ke Halaman Asli

Mind Map CKDK

Diperbarui: 9 September 2022   01:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mind Map CKDK

cinta kasih merupakan suatu perasaan yang dimiliki oleh manusia. cinta kasih itu akan memberikan dampak yang positif baik bagi diri sendiri maupun bagi orang yang menerimanya. 

pertama-tama mencintai Tuhan merupakan hal yang sangat penting, karena Tuhan telah mengasihi kita terlebih dahulu maka kitapun harus mengasihi Tuhan. sebab kita tidak dapat memberi kasih kepada hal-hal diluarnya jikalau kita tidak mengasihi Tuhan. 

setelah itu kita dapat mencintai diri kita sendiri. pengalaman zaman sekarang banyak orang yang tak dapat mencintai diri sendiri dengan merusaknya. contohnya saja merokok, seks bebas, dan melupakan kesehatan tubuhnya. dengan demikian orang tersebut tidak dapat memberikan kasih kepada dirinya senndiri.

dengan demikian, kita dapat mencintai dan memberikan kasih kepada sesama kita. sebagai makhluk sosial esensinya manusia tidak dapat hidup sendiri. sehingga mau tidak mau disetiap harinya pribadi satu dengan pribadi yang lainnya akan bertemu, entah itu saling kenal ataupun tidak saling kenal. penting untuk dapat melihat bahwa semua manusia itu sama sehingga semua orangpun harus dihargai. bukan saja hanya itu, pem-bullyan merupakan tindakan yang bertentangan dengan cinta kasih. maka perlu melihat bahwa manusia itu harus dihargai dan dikasihi.

upaya yang dapat dilakukan sebagai seorang mahasiswa ialah sadar bahwa manusia  itu harus dihargai dan dikasihi. tidak sampai pada idelisme saja namun harus dapat diaktualisasikan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline