Lihat ke Halaman Asli

Gabrella Harianja

Teruslah belajar sampai detik-detik terakhir di hidupmu.

UKM STT Satyabhakti, Malang

Diperbarui: 1 Juli 2023   21:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dunia perkuliahan atau yang biasa dikenal pendidikan tinggi adalah jenjang lanjutan setelah pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).  Tentu dunia perkuliahan sangat jauh berbeda dibandingkan ketika sedang duduk di bangku sekolah.  Bagi sebagian orang mungkin masih belum mengetahui bahwa di dunia perkuliahan ada tempat untuk mahasiswa berkembang lebih jauh lagi melalui wadah yang disebut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).


Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti, Malang, atau dikenal umum sebagai STT Sati adalah salah satu pendidikan tinggi dalam bidang teologi yang memiliki banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).  UKM tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu UKM Wajib, yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa dan UKM pilihan yang sifatnya tidak wajib atau sesuai minat dan talenta setiap mahasiswa.  Tujuan dari adanya berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ini adalah untuk melatih, mengembangkan talenta dan juga menjadi tempat penyaluran potensi non akademik yang dapat diwujudkan melalui prestasi di kampus, di tingkat nasional maupun internasional.


Setiap mahasiswa dan juga calon mahasiswa baru tidak perlu khawatir dan risau, sebab setiap UKM sudah difasilitasi oleh kampus. Bahkan, tidak hanya itu, mentor atau instrukturnya juga sudah profesional di setiap bagiannya. Maka dari itu, dapat dipastikan bahwa mahasiswa yang mengikuti UKM-UKM yang ada akan mendapatkan skill baru, pengalaman baru dan tentunya semuanya berguna di masa depan atau di dalam pelayanan. Berikut daftar UKM yang ada di STT Satyabhakti:

1.  UKM bahasa
Bahasa menurut William A. Haviland adalah "Praktik yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir." 


a.  Bahasa Inggris
UKM bahasa Inggris ini adalah UKM yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa.  Mengapa wajib? Karena sesuai visi STT Satyabhakti yaitu menjadi salah satu kampus yang unggul di Asia dan siap untuk go internasional.  Oleh karena itulah UKM ini wajib.  Diharapkan semua mahasiswa, staff dan dosen, secara bertahap diwajibkan bisa berbahasa Inggris.  UKM bahasa Inggris ini terdiri dari 3 level dan sesuai kemampuan mahasiswa, yaitu beginner, intermediate, dan advance.  
Tujuan dari UKM ini untuk memperlengkapi mahasiswa dalam memaksimalkan panggilan mereka ke depannya, karena memang sudah seharusnya mahasiswa teologi mengetahui dan mendalami bahasa Inggris.  Bahkan, dalam Pelayanan Antar Tahun Ajaran (Juni-Juli) tidak sedikit mahasiswa diutus ke luar negeri, seperti ke Malaysia, Singapura, Australia, Timor Leste, Filipina, Hongkong, dan Papua New Guinea.


b. UKM Bahasa Korea
UKM bahasa Korea ini tidak wajib diikuti atau sesuai minat mahasiswa.  Namun, besar harapan sekolah setiap mahasiswa juga diharapkan untuk mengikuti UKM ini sebagaimana visi STT Satyabhakti.  Dalam hal ini pembekalan akan bahasa negara-negara di Asia dirasa penting agar mahasiswa Satyabhakti bisa dan mampu melanjutkan studi atau melayani di Asia.


C. UKM Bahasa Mandarin
Sama seperti UKM Bahasa Korea, UKM bahasa Mandarin juga termasuk UKM pilihan. Tidak dapat dipungkiri, salah satu bahasa yang paling banyak dipakai di dunia adalah Bahasa Mandarin. Maka sudah sewajarnya ketika mahasiswa Sati ingin mengupgrade diri bisa mengambil UKM ini sebagai pilihan untuk memperlengkapi pelayanan maupun studi di masa mendatang.

2.  UKM Penulisan
UKM ini cocok diikuti oleh mahasiswa yang memiliki kerinduan untuk menjangkau orang lain, mengasihi orang lain, melayani orang lain dengan tulisan.  Bukan hanya itu, untuk mahasiswa yang merasa diri introvert maka UKM ini menjadi pilihan yang tepat untuk bernaung.  Dalam UKM ini akan banyak melatih skill menulis, seperti menulis jurnal, karya ilmiah, menulis karya sastra: pantun, puisi, kata-kata mutiara atau kata-kata motivasi.  Bahkan, tidak  jarang mahasiswa yang mengikuti UKM ini mampu bersaing dan membawa harum nama sekolah.

3. UKM Musik
Musik menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kerohanian dan juga pelayanan.  Sejak dahulu, alat-alat musik menjadi alat yang dipakai untuk memuji dan menyembah Tuhan (Mazmur 150).  Beberapa UKM musik di antaranya:


a. Drum.  Kelompok Pria dan Kelompok Wanita
b. Keyboard.  Level satu, dua, dan tiga.
c. Gitar.  Level satu, dua dan tiga.

4. UKM Vocal
UKM vocal menjadi bagian yang juga diminati oleh mahasiswa, karena setelah berada di UKM ini banyak mahasiswa menjadi lebih paham teknik bernyanyi dengan baik.

5. UKM Digital Ministry
Bagi mahasiswa yang senang mengabadikan momen penting, dan suka bekerja di belakang layar, UKM ini sangat cocok untuk diikuti.  UKM ini adalah pelatihan dalam media, seperti photograpy, videografi, dan live streaming. Ketika mahasiswa mengikuti UKM ini, maka akan menjadi fotografer yang handal.  UKM ini mulai berkembang juga dengan merambah dunia digital sesuai perkembangan jaman. Pelayanan melalui sosial media sebagai konten kreator, moderator dan konselor online mulai dijajaki bekerja sama dengan partner partner Sati.

6. Creative Ministry
Mahasiswa yang memiliki talenta dalam menari, dance, drama, atau yang berminat melakukannya, maka UKM ini adalah wadah yang tepat untuk belajar.  Biasanya hasil karya mereka akan dipamerkan dalam acara-acara penting di STT Satyabhakti maupun di luar kampus.

Itulah beberapa UKM yang ada di STT Satyabhakti, Malang. Banyak manfaat ketika mahasiswa memilih untuk mengikuti UKM. Pertama, UKM menjadi wadah untuk mahasiswa meningkatkan kualitas karunia yang dimiliki.  Kedua, UKM menjadi tempat dan komunitas yang positif, dimana mahasiswa dapat mengisi waktu kosong.  Ketiga, UKM menjadi tempat di mana mahasiswa saling mengenal jauh lebih lagi. Keempat, UKM menjadi tempat untuk mengembangkan dan mengasa bakat.  kelima, menjadi tempat di mana mahasiswa diperlengkapi menjadi mahasiswa yang dapat berdampak di masa depan, khususnya di dalam pelayanan, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Beberapa prestasi yang sudah diraih UKM Sati diantaranya:

  • Juara 1 speech kontest Brawijaya English Tournament 2021.

  • 5 besar creative dance dari Departemen Kaum Muda Nasional Gereja Sidang-sidang Jemaat Allah

  • Finalis lomba cerpen dan puisi tingkat nasional maupun tingkat Asia.

Selain prestasi di atas, mahasiswa STT Sati juga cukup aktif terlibat dalam beberapa kompetisi, seperti East Java Varsities English Debate Competition UM, Story telling dan speech FIB UB, lomba khotbah STT Jaffray dan lain lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline