Lihat ke Halaman Asli

Genting Hartanto

Guru di SMA Manba'ul Ulum Kota Tangerang

Laporan Singkat Kegiatan Praktik Mengajar di SMA Manba'ul Ulum Kota Tangerang (PPG 2021)

Diperbarui: 29 Februari 2024   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.pngwing.com/id/free-png-izhuk

LAPORAN 

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

DI SMA MANBA'UL ULUM ASSHIDDIQIYAH KOTA TANGERANG 

(31 Mei s.d 5 Juli 2021)

NAMA                : GENTING HARTANTO

No. UKG            : 201503097122

NIM PPG          : 223706210058

A. PENDAHULUAN

Sebagai suatu alat untuk memecahkan persoalan, matematika merupakan suatu bidang ilmu yang merupakan alat pikir dan berkomunikasi (Hamzah B. Uno dan Masri, 2010). Menurut Permendikbud No. 36 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA, matematika merupakan ilmu universal yang berguna bagi kehidupan manusia dan juga mendasari perkembangan teknologi modern, serta mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Jadi, matematika merupakan ilmu alat pikir, berkomunikasi, alat untuk memecahkan berbagai persoalan, serta mempunyai peran penting dalam memajukan daya pikir manusia. Oleh karena itu, matematika sangat penting untuk dipelajari oleh peserta didik pada setiap jenjang pendidikan. 

Matematika memiliki tujuan agar peserta didik memiliki kemampuan, yaitu (1) memahami konsep matematika yaitu kompetensi dalam menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep maupun algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah; (2) menggunakan pola sebagai dugaan dalam penyelesaian masalah dan mampu membuat generalisasi berdasarkan fenomena atau data yang ada; (3) menggunakan penalaran pada sifat, melakukan manipulasi matematika yang meliputi kemampuan memahami masalah, membangun model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh serta memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari; (4) mengomunikasikan gagasan, penalaran, serta mampu menyusun bukti matematika; (5) memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan; (6) memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya; dan (7) melakukan kegiatan-kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika (Permendikbud No. 36 Tahun 2018).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline