Lihat ke Halaman Asli

Mustafidul Ulum

Mahasiswa Biologi IPB University

Mahasiswa KKNT-Inovasi IPB Ajak Ibu-ibu KWT untuk BUDIKDAMBER

Diperbarui: 14 Juli 2023   15:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik Inovasi (KKNT-Inovasi) IPB University mengadakan sosialisasi dan demonstrasi praktik Budidaya Ikan dalam Ember (BUDIKDAMBER) di Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. BUDIKDAMBER sendiri merupakan teknik pertanian terpadu yang menggabungkan antara akuakultur (budidaya ikan) dan hidroponik (budidaya tanaman) dalam satu wadah, misalnya ember. Kegiatan sosialisasi Budikdamber ini dilakukan di dua lokasi Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kelurahan Sukaresmi, yaitu KWT Mandiri pada hari Jumat (7/7/2023) dan KWT Tanjung pada hari Rabu (12/7/2023). 

Kegiatan BUDIKDAMBER memiliki kelebihan yaitu tidak memerlukan lahan yang luas, penyediaan alat dan bahan yang sederhana, Pemeliharaan budidaya yang relatif mudah, fleksibel (dapat dipindah-pindah), dan modal yang relatif murah. 

Diskusi bersama ibu-ibu KWT terkait BUDIKDAMBER

"BUDIKDAMBER sangat cocok untuk diadopsi oleh masyarakat, terutama di wilayah perkotaan karena tidak memerlukan lahan yang luas sehingga dapat diterapkan dalam skala rumah tangga", ujar Mustafidul Ulum selaku penanggung jawab kegiatan. 

Ulum melanjutkan, salah satu manfaat dari BUDIKDAMBER yaitu hasil panen ikan dan sayuran dapat diolah atau dijual untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Oleh karena itu, Tim KKNT IPB University menjadikan BUDIKDAMBER sebagai salah satu solusi alternatif yang dapat membantu meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat Kelurahan Sukaresmi. 

Demonstrasi langsung BUDIKDAMBER bersama ibu-ibu KWT Mandiri

Kegiatan sosialisasi BUDIKDAMBER yang diusung oleh tim KKNT IPB University ini dihadiri oleh Ibu Lilis Suryani selaku Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Sukaresmi, serta ibu-ibu KWT sebanyak 17 orang. Acara ini diawali dengan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal ibu-ibu KWT terkait BUDIKDAMBER. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi, demonstrasi langsung mengenai tata cara penerapan BUDIKDAMBER dan diakhiri dengan post-test.  

Tidak hanya itu, tim KKNT IPB yang diketuai oleh Josua Natanael ini juga melaksanakan pelatihan manajemen usaha terkait BUDIKDAMBER yang harapannya dapat memberikan inspirasi bagi ibu-ibu KWT untuk implementasi ilmu yang didapatkan.

Pelatihan Manajemen Usaha BUDIKDAMBER

"Saya ucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN IPB karena telah memberikan ilmunya yang bermanfaat, semoga ilmu baru ini dapat kami terapkan untuk merintis usaha baru di bidang budidaya ikan", tutur bu Sarni , salah satu peserta kegiatan BUDIKDAMBER.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline