Lihat ke Halaman Asli

Bantu Kembangkan Perekonomian Masyarakat, Mahasiswa UNDIP Kenalkan Formula AIDA dalam Pembuatan Iklan

Diperbarui: 10 Februari 2023   14:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pekalongan (27/01/2023), mahasiswa KKN Tim I Undip membantu para pengusaha UMKM dalam pemasaran produk. Alifya Azzahra, salah seorang mahasiswa yang berasal dari program studi Bahasa Asing Terapan membantu para pengusaha UMKM di Desa Batursari dalam memasarkan produk dengan memberi informasi tentang teknik pembuatan iklan yang menarik. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada warga secara door to door.  

Sosialisasi ini diadakan guna membantu para pengusaha UMKM mendapat target pasar yang lebih luas sehingga diharapkan dapat membantu meningkatnya perekonomian warga.

 Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dibantu menggunakan media poster dalam penyampaian materi. Materi yang disampaikan meliputi pengertian copywriting, formula copywriting, trigger word dan contoh-contoh iklan yang menggunakan konsep copywriting. 

Hal ini menuai antusias para pengusaha UMKM yang bertanya lebih lanjut tentang media yang dapat digunakan untuk membuat iklan. Namun, ketidakstabilan jaringan menjadi salah satu penghambat mahasiswa dalam mendemonstrasikan pembuatan iklan. Akibatnya, demonstrasi hanya disampaikan secara sekilas melalui contoh-contoh iklan yang ada.

Dokpri

Pada poster, formula copywriting yang berasal dari Bahasa Inggris ditulis beserta arti dan pengertian dalam Bahasa Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan para pembaca dalam memahami inti dari pembahasan. Selain itu, penulisan formula juga menggunakan huruf besar dengan maksud formula tersebut dapat membentuk singkatan yang mudah diingat.

Copywriting yang dalam Bahasa Indonesia disebut penulisan naskah menjadi salah satu opsi topik mahasiswa dalam melaksanakan program kerja KKN. Hal ini dilatarbelakangi oleh kebingungan masyarakat Desa Batursari dalam mempromosikan produk yang dijual. 

Selain itu, copywriting juga bisa menjadi media komunikasi yang efektif dan dapat menjadi pengembangan pemecahan masalah. Ini ditunjukkan dengan cara menulis iklan yang kreatif agar komunikasi antara penjual dan target pasar dapat berlangsung secara efisien serta dapat membantu target pasar dalam memahami manfaat dan fitur dari produk yang ditawarkan. Diharapkan dari adanya kegiatan ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Batursari.

Penulis: Alifya Azzahra

DPL: 1. Heri Sugito, S.Si., M.Sc.
           2. Nenik Woyanti, S.E., M.Si.
           3. M. Iqbal Fauzan, S.P., M.Si.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline